Tips & trik

Cara Sembunyikan Konten Foto & Video WhatsApp dari Galeri

WhatsaApp saat ini telah berkembang menjadi sebuah media yang banyak digunakan pengguna untuk membagikan berbagai konten kepada pengguna lainnya. Bukan hanya sebuah pesan tertulis, WhatsApp juga bisa digunakan untuk saling berkirim pesan video, gambar ataupun suara.

Berbicara tentang pesan gambar dan video yang ada di WhatsApp, pesan-pesan tersebut akan secara otomatis tersimpan di galeri smartphone ketika kita membukanya. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu, terlebih apabila dalam pesan gambar dan video yang dikirim terdapat suatu hal yang tidak ingin kita perlihatkan kepada orang lain.

Untuk itu, saya memiliki cara mudah untuk menyembunyikan folder dari unduhan foto maupun video yang ada di WhatsApp. Berikut adalah caranya:

Menyembunyikan Folder Unduhan Foto dan Video dari WhatsApp

Menyembunyikan dalam hal ini adalah menghilangkannya dari galeri. Namun kita masih bisa menemukannya jika membuka melalui file manager. Berikut adalah caranya:

  1. Akses ke file /folder manager di ponsel

Pertama-tama navigasikan smartphone kalian menuju aplikasi file manager. Buka Internal Storage – WhatsApp – Media. Disini kalian akan menemukan berbagai macam file dan folder yang berasal dari unduhan aplikasi di WhatsApp.

  1. Mengganti nama folder WhatsApp Images

Lanjutkan untuk mengganti nama folder yang ingin disembunyikan. Sebagai contoh, adalah WhatsApp Image.

Cukup, tekan folder tersebut hingga muncul opsi rename. Lanjutkan dengan menggani namanya folder tersebut. Disini Jurnal Apps mencoba menggantinya dengan menambahkan titik di awal kata (.WhatsApp Images). Setelah ini, maka secara otomatis akan terdapat dua folder dimana folder bernama .WhatsApp Images akan berisi foto sedangkan folder yang awal akan menjadi kosong

Setelah ini, jika kalian mengecek galeri di samrtphone kalian, maka kalian akan menemukan bahwa folder WhatsApp Image tidak tampak lagi di tampilan galeri.

Untuk mengembalikkannya, cukup masukan kembali ke file manager dan hapus awal yang bernama WhatsApp Images. Lanjutkan dengan mengganti kembali nama .WhatsApp Images nama aslinya (WhatsApp Images). Maka folder foto unduhan WhatsApp akan kembali muncul di galeri smartphone.

Semoga membantu ya

Comments
To Top