Pada tahun 2017 lalu Xiaomi secara resmi telah meluncurkan smartphone Android One pertamanya, Mi A1. Seperti kebanyakan pabrikan smartphone lainnya yang juga menelurkan smartphone berbasis Android One, Xiaomi juga digandeng oleh Google.

Namun di saat yang bersamaan, Xiaomi juga merilis Mi 5X. Namun, smartphone ini hanya dipasarkan oleh Xiaomi di Cina. Nah, Mi A1 hadir sebagai versi global Mi 5X yang memang dikemas tanpa dukungan MIUI dan jadilah smartphone tersebut masuk ke dalam jajaran Android One.

Kini, Xiaomi kabarnya juga sedang meracik suksesor dari Mi A1 dan hal itu pun ditegaskan langsung oleh Lei Jun selaku bos besar Xiaomi. Tak berbeda dengan Mi A1, nantinya smartphone yang diberi nama Mi A2 ini juga akan masuk ke dalam Android One.

Di saat yang sama, Lei Jun pun juga mengatakan bahwa perusahaannya saat ini sedang menggarap Mi 6X yang merupakan penerus dari Mi 5X. Meskipun berbeda antarmuka, Mi 6X akan memiliki tampilan dan spesifikasi hardware yang sama dengan Mi A2.

Disebut-sebut, Mi 5X atau Mi A2 akan dibekali dengan chipset Snapdragon 660 yang dipadukan RAM hingga 6 GB dan internal storage berkapasitas hingga 128 GB. Sudah bisa ditebak, dengan komposisi hardware seperti itu, Mi 5X atau Mi A2 dapat melibas semua aplikasi yang dijalankan.

Bagaimana dengan sektor kameranya? Untuk kamera depan, smartphone ini akan dibekali dengan resolusi 20 MP. Sedangkan dukungan kamera utamanya ada dua dan salah satunya memiliki resolusi 20 MP. Tak ketinggalan, Xiaomi kabarnya tetap akan menyematkan port jack audio 3.5mm dan USB Type-C.