Di era modern ini, dimana transaksi jual beli sudah dilakukan secara online, kebutuhan akan jasa ekspedisi pengiriman barang pun kian meningkat. Berbagai transaksi online yang dilakukan, baik jauh ataupun dekat pastinya menggunakan jasa ekspedisi ini sebagai pihak ke 3 dalam menyalurkan barang .

Guna meningkatkan keamanan dan kepercayaan pembeli terhadap jasanya, beberapa toko online yang ada di Indonesia sudah menawarkan pelacakan resi otomatis untuk setiap barang yang dibeli. sayangnya pelacakan yang diberikan terkadang kurang tepat sehinga kita tetap harus mengeceknya secara manual

Namun ada cara mudah untuk mengecek resi berbagai ekspedisi hanya menggunakan satu platform. Diberi nama Cek Resi dan Ongkir Kiriman, aplikasi buatan developer lokal ini bisa digunakan untuk mengecek beberapa jasa seperti JNE, TIKI, POS, WAHANA, Sicepat, LWE, China Post dan masih banyak lagi.

Berikut adalah cara pakainya:

  1. Donwload dan Install aplikasi di smartphone Android

  2. Buka aplikasi dan masukkan nomor resi yang diberikan si penjual.

  3. Lakukan pengisian jenis ekspedisi yang digunakan

  4. Selanjutnya aplkasi akan segera melacak status barang yang sedang dikirim

Selain bisa digunakan untuk melacak nomor resi, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membantu kita mengecek tarif ongkos kirim di berbagai ekspedisi. Untuk menggunakannya cukup masuk pada menu ongkir dan pilih jenis ekspedisi yang digunakan. Selanjutnya isi data-data yang diminta, seperti kota asal, kota tujuan dan berat. Jika sudah selesai, tekan tombol Cek Ongkir.

Nah, itulah cara mudah untuk melacak nomor resi di smartphone Android. Semoga artikel ini membantu ya.