Advertisement

Tab Explore adalah salah satu bagian yang sangat berguna di Instagram. Para pengguna yang kerap menggunakan layanan itu menggunakan Explore untuk menemukan konten baru. Tab itu sendiri melalui berbagai perubahan, tapi sepertinya Instagram belum puas dengan desain Explore.

Kini Instagram kembali menguji fitur baru untuk platform-nya. Kali ini, layanan berbagi foto itu tertangkap menguji redesain tab Explore untuk aplikasi mobile-nya.

Redesain halaman Explore tidak hanya memperkenalkan tampilan dan layout baru, tapi juga mengatur konten berdasarkan topik dan hashtag. Redesain Explore di Instagram pertama kali ditemukan oleh TechPP seperti dilansir Gizbot.

Update yang dilengkapi dengan tab Explore baru ini sedang meluncur ke beberapa pengguna yang menjalankan aplikasi Instagram versi beta terbaru. Layout yang didesain ulang mengatur dan mengelompokkan foto serta video berdasarkan topik atau kategori.

Topik ini ada di bagian atas halaman sebagai ikon persegi yang disusun dalam scrollable carousel. Tepat di bawah topik ada daftar hashtag terkait. Dengan mengetuk salah satu hashtag, akan mengalihkan pengguna ke konten yang menyertakan hashtag tertentu.

Sebagian besar konten yang dikumpulkan di bawah hashtag tampaknya dikumpulkan berdasarkan tag. Namun, beberapa foto dan video yang dikelompokkan dalam hashtag tidak muncul menyertakan hashtag sama sekali.

Halaman Explore saat ini mengumpulkan kumpulan foto dan video dari orang-orang yang tidak diikuti pengguna. Foto dan video di halaman tidak diatur dan dipilih berdasarkan postung yang sebelumnya disukai pengguna atau karena mereka sedang populer di Instagram.

Instagram menggunakan algoritma untuk menyarankan posting-an yang disukai pengguna. Tapi, hal ini bisa menghasilkan halaman Explore yang berantakan.

Instagram telah menguji banyak fitur baru untuk aplikasinya. Tapi, tidak ada jaminan, semuanya akan menjadi fitur permanen di aplikasinya. Jika perusahaan memutuskan untuk meluncurkan halaman Explore yang didesain ulang, hal itu akan memudahkan pengguna menemukan konten baru yang mereka sukai.

Sumber : Gizbot.com