Berita

Flickr Resmi Diakuisisi Oleh Perusahaan Hosting Foto

Layanan sosial media pesaing Instagram, Flickr, dikabarkan telah dibeli oleh perusahaan hosting foto asal Mountain View, California, SmugMug. Layanan ini seperti sudah terombang-ambing di atas angin semenjak dibeli Yahoo pada 2005 silam.

Untuk tetap eksis, Yahoo mencoba untuk mendesain tampilan serta menambahkan fitur untuk Flickr. Namun usaha yang dilakukan Yahoo seperti tidak berbuah hasil, apalagi setelah Yahoo memecat petinggi Flickr , George Oates, pada 2008 silam.

Persaingan semakin sengit ketika Instagram mulai unjuk gigi pada tahun 2012. Flickr mulai kehilangan banyak pengguna karena pamor Instagram pada saat itu memang sedang naik daun.

Sebelumnya, Flickr juga pernah diakuisisi oleh vendor telekomunikasi raksasa US, Verizon, pada 2016 lalu. Akuisisi ini juga termasuk membeli lisensi perusahaan induknya, Yahoo Inc. Nilai akuisisi terhadap Flickr pada saat itu menyentuh angka USD4,5 miliar atau setara Rp62.4 triliun, sebagaimana yang dirangkum dari The Verge, Minggu (22/04).

Don MacAskill, CEO SmugMug, mengatakan bahwa Flickr sudah melewati masa pasang surut di internet. Dia mengklaim akan membenahi Flickr agar menjadi lebih baik dan berdiri sebagai layanan mandiri.

MacAskill juga berharap Flickr dapat memberikan perhatian dan sumber dibanding saat dipegang oleh Oath, yang merupakan salah satu anak perusahaan Verizon.

Comments
To Top