Bagi sebagian pengguna, Google Assistant mungkin masih cukup asing untuk digunakan. Padahal, fitur ini telah cukup lama hadir di perangkat Android untuk membantu penggunanya dalam melakukan beberapa pengoperasian sederhana melalui perintah suara. Cara mengakses fitur ini pun terbilang mudah. Pengguna hanya perlu menekan tombol Home dan menahannya selama beberapa saat.

Advertisement

Berbicara mengenai Google Assistant, belum lama ini Google baru saja menambahkan dukungan Bahasa Indonesia untuk melakukan perintah suara, sehingga para pengguna di Indonesia tidak perlu lagi repot-repot memberikan perintah suara menggunakan bahasa Inggris.

Bagi kalian yang penasaran ingin menggunakannya, berikut saya berikan ulasan singkatnya:

Membuat Google Assistant jadi Pintar Berbahasa Indonesia

Biasanya, smartphone Android akan selalu hadir dengan beberapa aplikasi bawaan Google yang ditempatkan di folder aplikasi yang diberi nama Google. Buka folder bawaan tersebut dan cari aplikasi bernama Google.

Setelah berhasil masuk pada tampilan utama layanan Google Assistant, segera lakukan navigasi opsi Pengaturan (Settings).

Setelah masuk pada menu pengaturan, kini lanjutkan dengan memilih opsi pemilihan bahasa (Search Language). Cari dan pilih Bahasa Indonesia dan keluar dari aplikasi tersebut.

Selain itu terdapat cara lainnya yang lebih cepat untuk dilakukan. Namun untuk melakukannya, kita diharuskan untuk menggunakan perintah suara dalam bahasa Inggris, yang berisikan perintah untuk mengganti pengaturan ke dalam Bahasa Indonesia. Sebagai contoh, kita bisa memberikan perintah suara “Talk to me in Indonesian”, maka secara otomatis Google Assistant akan merubah pengaturan bahasa menjadi Bahasa Indonesia.

Kini, setelah melakukan salah satu dari kedua cara di atas, maka Google assistant akan memahami perintah suara dalam Bahasa Indonesia. Google Assistant pun bisa menjawab berbagai pertanyaan dan perintah suara dari kita menggunakan Bahasa Indonesia juga loh!