Review

7 Kegunaan Tombol Home pada Perangkat iPhone

Ketika pertama kali iPhone X diperkenalkan kepada publik, banyak orang yang tidak menyukai desain yang tanpa home yang dimiliki smartphone tersebut. Kini setelah banyak pengguna yang mulai terbiasa, kini banyak dari mereka yang malah beranggapan bahwa teknologi tombol Home merupakan teknologi yang kuno.

Padahal, tombol Home yang dimiliki iPhone memiliki kegunaan yang sangat beragam, dan tentunya bukanlah teknologi yang kuno. Nah, agar kalian tahu apa saja kegunaan dari tombol Home yang dimiliki iPhone, berikut Jurnal Apps uraikan 7 kegunaan dari teknologi milik Apple ini:

1. Menuju Home

Hal pertama yang pastinya bisa dilakukan ketika terdapat tombol Home adalah pengguna dapat dengan mudah menuju tampilan utama perangkat iPhone. Cukup tekan tombol Home agar bisa kembali menuju halaman Home dengan cepat.

2. Masuk iPhone dengan Fingerprint

Pada perangkat iPhone 5s ke atas, tombol Home yang ada telah dilengkapi sensor sidik jari, sehingga untuk masuk ke parangkat iPhone, pengguna cukup memindai sidik jari pada tombol tersebut.

3. Multitasking dan Berpindah Antara Aplikasi

Multitasking pun bisa dilakukan dengan mudah ketika disediakannya tombol Home pada perangkat iPhone. Cukup tekan dua kali tombol Home, maka kalian bisa melihat aplikasi apa saja yang tengah berjalan di multitasking manager.

4. Mengakses Siri

Mengakses Siri pun menjadi sangat mudah ketika ada tombol Home. Cukup tekan dan tahan tombol Home, maka Siri akan segera muncul.

5. Shortcut Tiga Klik

Umumnya tombol Home hanya bisa digunakan untuk mengenali satu atau dua klik saja, namun sebenarnya kalian juga bisa mengaturnya untuk mengenali tiga klik. Cukup lakukan pengaturan di General -> Accessibility -> Accessibility Shortcut. Selanjutnya kalian bisa menggunakan tiga klikn tombol Home untuk mengakses beberapa fitur, seperti AssistiveTouch, Invert Color, Color Filter, Voice Over, Zoom dan masih banyak lagi.

6. Memudahkan Pakai Satu Tangan

Ketika ukuran smartphone sudah semakin bertambah besar, pengoperasian dengan menggunakan satu tangan menjadi sebuah kebutuhan dari banyak pengguna. Dengan melakukan tap tombol Home dua kali, maka dfitur Reachibility dapat segera aktif. Dengan ini posisi tampilan layar akan berpindah ke bawah sehingga memudahkan pengguna mengoperasikan iPhone menggunakan satu tangan.

7. Tombol Canggih yang Bisa Diatur

Sejak kehadiran iPhone 7 hingga iPhone 8, tombol Home bukanlah sekedar tombol biasa, melainkan sebuah permukaan solid yang bisa merespon tekanan melalui getaran.

Hal ini membuat tombol Home di iPhone 7 / 7 Plus ataupun iPhone 8 / 8 Plus menjadi sebuah tombol yang bisa diatur sendiri tingkat getaran dan sebagainya.

Buka Settings -> General -> Home Button untuk mengatur seberapa kuat efek klik yang diberikan tombol Home.

Buka General -> Accessibility -> Home Button untuk mengatur seberapa cepat klik yang diperlukan untuk double atau triple klik.

Buka Settings -> General -> Accessibility -> Home Button -> dan aktifkan Rest Finger to Open agar kamu bisa membuka iPhone tanpa harus klik tombol Home (cukup letakkan jari diatasnya saja, kunci iPhone akan langsung terbuka).

Nah itulah 7 kegunaan tombol Home yang dimiliki iPhone. Walaupun kini tombol Home telah hilang dari smartphone milik Apple, tapi marilah kita berterima kasih karena tombol Home telah menjadi sebuah icon iPhone terkuat dalam beberapa tahun terakhir ini.

Comments
To Top