Oppo kerap meluncurkan versi terjangkau dari jajaran seri smartphone andalannya, seperti Oppo F5 yang memiliki versi terjangkau dengan spesifikasi serupa yakni Oppo A83. Strategi tersebut pun kemungkinan akan kembali dilakukan Oppo untuk smartphoneterbarunya, Oppo F7.

Baru-baru ini, muncul bocoran yang menyebutkan jika Oppo tengah bersiap untuk meluncurkan seri Oppo A3 yang jadi versi murah Oppo F7. Kabar ini sendiri terungkap dari situs China Telecom yang memperlihatkan wujud serta spesifikasi lengkap dari smartphonetersebut.

Dilansir dari GSMArena, Oppo A3 mengusung layar berukuran 6,2 inch beresolusi Full HD+ (2280 x 1080 piksel) dengan aspek rasio 19 : 9. Seperti Oppo F7, smartphone inipun memiliki notch di bagian atasnya yang dipercantik berkat bezel yang cukup tipis di tiap sisinya.

Untuk spesifikasinya sendiri, Oppo A3 juga ditenagai oleh mesin utama yang 11 12 dengan Oppo F7. Sebut saja seperti penggunaan prosesor octa-core 2.0GHz MediaTek Helio P60, RAM 4GB, ROM 16GB dan sudah berjalan di atas ColorOS 5 berbasis Android 8.1 Oreo.

Smartphone ini nantinya bakal dibekali kamera depan beresolusi 8MP dan kamera belakang beresolusi 16MP. Sayangnya, belum diketahui apakah kamera depan Oppo A3 juga akan disematkan teknologi AI Beauty Technology 2.0.

Oppo A3 akan memiliki lima pilihan warna yakni Blue, Black, SIlver, Red dan Gold. Smartphone ini dikabarkan akan dibanderol sekitar 1999 Yuan atau setara dengan Rp 4,3 jutaan.

Memang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga Oppo F7 di Indonesia yang berkisar Rp 4,1 jutaan. Namun perlu diingat, Oppo F7 secara global dilepas dengan harga USD 273 atau setara dengan Rp 4,6 jutaan untuk versi 4GB/64GB. Sehingga kemungkinan jika hadir di Indonesia, Oppo A3 akan dijual dengan harga yang lebih murah.