Ada kabar bagus untuk para pengguna smartphone Google Pixel atau Nexus yang suka menyetir atau menggunakan mobil pribadi. Google baru saja merilis pembaruan aplikasi Android auto, yang memungkinkan mengaksesnya tanpa harus memerlukan sambungan kabel USB alias wireless.

Advertisement

Aplikasi Android Auto mungkin tidak asing untuk para pemilik kendaraan anyar keluaran 2017 ke atas, karena merupakan perlengkapan standar bagi kendaraan tipe tertentu. Namun Anda harus mencolokkan ponsel Android dengan kabel USB ke perangkat tape mobil atau head unit supaya bisa mengaksesnya.

Aplikasi ini akan otomatis terhubung setelah Anda menyalakan mobil. Sayangnya pembaruan ini baru bisa dinikmati oleh ponsel Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Nexus 5X, atau Nexus 6P.

“Anda bahkan dapat meninggalkan ponsel di saku atau tas Anda,” tulis keterangan Google.

Sebenarnya Headset yang mendukung fungsi semacam ini sudah dirilis produsen perangkat elektronik dan audio seperti Kenwood, JVC, dan lainnya. Tapi perangkat ini tidak akan berfungsi untuk setiap unit Android Auto kelengkapan standar mobil.

Google juga mengatakan fitur tersebut baru diaktifkan di Amerika Utara. Mungkin tak lama lagi bisa dinikmati di Indonesia. Walaupun masih dengan perangkat terbatas, pembaruan itu mendorong Android Auto mengadopsi teknologi nirkabel.

Namun, fitur ini dirasa masih kurang greget karena ponsel Pixel atau Nexus tidak ada yang bisa melakukan pengisian daya nirkabel. Kalau bisa pasti benar-benar asyik karena anda bisa mengatur telepon dari tempat atau dudukannya dan melupakannya, tetapi ini tetap selangkah lebih maju.

Menjelang konferensi pengembang Google I / O yang dijadwalkan dilaksanakan pada Mei mendatang, pastinya akan lebih banyak kabar mengenai rencana Google untuk solusi hiburan dalam mobilnya.

Jangan kecewa dulu jika Head unit mobil Anda masih jadul atau belum ada aplikasi tersebut. Cukup unduh aplikasi Android Auto di ponsel supaya bisa rasakan sensasinya,

Sebelumnya Android Auoto punya gestur Swipe to Unlock baru. Gestur itu memungkinkan pengguna membuka kunci layar ponsel yang terhubung dengan mobil dalam kondisi bergerak.  Google mengatakan bahwa fitur baru tersebut telah diaktifkan.

Melalui perubahan itu, pengguna bisa memanfaatkan ponsel yang terhubung ke kendaraan tanpa menggangu perhatian sang pengemudi. Pengguna pun kian mudah melakukan pencarian musik serta menyediakan informasi bagi pengemudi.
Sumber: Techradar