Tips & trik

Cara Menggabungkan Kontak Kembar di iPhone

Kontak merupakan salah satu fitur paling tua, dan tentunya memberikan sebuah esensi tersendiri dari sebuah smartphone. Melalui fitur ini kita bukan hanya bisa menyimpan nomor telepon dari pengguna lain, namun kita juga bisa menyimpan keterangan alamat email hingga alamat rumah/kantor pengguna lain. Namun seringkali kita malah menyimpan kontak yang sama hingga beberapa kali, sehingga membuat kontak di smartphone kita terlihat berantakan. Bukannya malah membantu, kontak yang kita miliki malah membuat kita pusing tujuh keliling.

Ketika hal ini terjadi, biasanya para pengguna iPhone malah memperbaiki kontak kembar tersebut secara manual, atau bahkan membiarkannya. Namun ternyata ada cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Bagi kalian yang penasaran bagaimana caranya, yuk simak bersama-sama:

Menggabungkan Kontak Kembar di iPhone

Untuk dapat menggabungkan kontak kembar yang ada pada perangkat iPhone, cara termudah adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Kali ini aplikasi yang Apps saya gunakan adalah Cleaner. Melalui aplikasi ini kita bisa menghapus informasi kontak lama dan menggabungkannya hanya dengan menggunakan sedikit langkah yang mudah.

Namun, sebelum menggunakannya, aplikasi cleaner ini akan meminta pengguna untuk mendaftar diri dengan membuat akun terlebih dahulu.

Selanjutnya, jika pengguna sudah memiliki akun dari aplikasi Cleaner, segera buka aplikasi tersebut.

Pada tampilan utama aplikasi, segera cari Tab Duplicates. Pada tab ini kita bisa melihat terdapat beberapa opsi, dimulai dari Duplicate ContactsDuplicate Phones,Duplicate Emails, dan Similiar Names. Seluruh opsi tersebut berfungsi untuk menggabungkan kontak ganda melalui cara-cara yang dibutuhkan pengguna.

Pada kasus ini, misalnya kita memilih opsi Duplicate Contacts. Selanjutnya kita akan melihat berbagai kontak kembar yang ada di perangkat iPhone kita. Pilih seluruh kontak yang ingin digabungkan dan tekan Merge untuk menggabungkan kontak satu per satu, atau pilih opsi Merge All Duplicates untuk menggabungkan seluruh kontak secara otomatis.

Nah, itulah cara menggabungkan kontak kembar di iPhone. Selamat mencoba ya!

Comments
To Top