Galaxy Note 9 bersiap “naik panggung” untuk diperkenalkan sebagai seri phablet terbaru dari Samsung. Beberapa bocoran soal perangkat ini mulai bermunculan, termasuk yang mengungkapkan jika phablettersebut akan menggunakan layar dengan ukuran lebih besar.

Advertisement

Baru-baru ini, muncul rumor dari media sosial asal China, Weibo yang menyatakan Samsung Galaxy Note 9 akan dibekali layar berukuran 6,4 inch beraspek rasio 18,5 : 9. Dengan ukuran layar sebesar itu, Galaxy Note 9 bakal menjadi smartphone flagship sekaligus phablet terbesar Samsung.

Seperti diketahui, Samsung Galaxy Note 8 misalnya, hanya mengusung layar berukuran 6,3 inch. Sedangkan Samsung Galaxy S8+ dan Galaxy S9+ cuma memiliki layar 6,2 inch saja.

Samsung juga kemungkinan akan menyematkan sensor sidik jari di bagian dalam layar besar Galaxy Note 9. Rumor inipun diperkuat dengan kabar bahwa Samsung tengah mengembangkan firmware untuk Galaxy Note 9.

Total, ada dua firmware Galaxy Note 9 dengan nomor versi N960FXXE0ARB7 dan N960FXXU0ARC5 yang sedang dikembangkan dan diuji Samsung. Pada firmware itu Samsung akan menyematkan teknologi sensor sidik jari dalam layar untuk pertama kalinya.

Selain sektor layar, phablet itu juga akan ditenagai oleh baterai berkapasitas jauh lebih besar ketimbang seri pendahulunya. Dilansir dari GSMArena, Samsung Galaxy Note 9 akan ditopang oleh baterai berkapasitas antara 3,850 mAh atau 4,000 mAh dan ditenagai prosesor Snapdragon 845, RAM 6GB dan sudah berjalan di atas Android 8.1 Oreo.

Namun yang menarik, meski memiliki baterai berkapasitas besar, Galaxy Note 9 dilaporkan akan mengadopsi desain yang cenderung lebih tipis. Hal tersebut karena Samsung kabarnya berencana untuk mengubah teknologi antena Laser Direct Structuring (LDS) ke teknologi terbaru bernama High Frequency Range (HRC) yang akan mengubah desain Galaxy Note 9.

Galaxy Note 9 kabarnya akan diperkenalkan menjelang akhir tahun 2018. Namun ada juga yang menyebutkan phablet ini akan dirilis pada bulan Agustus, sama seperti saat Samsung meluncurkan Galaxy Note 8 pada tahun lalu.