Siapakah di antara kalian yang saat ini menggunakan smartphone dengan layar lebar? Bagi kalian yang menggunakannya, tentu kalian sering merasakan betapa susahnya menggunakan smartphone tersebut dengan satu tangan karena ukuran layar yang terlalu besar. Bukan hanya membuat sulit untuk menggenggam smartphone, layar lebar juga membuat jari tangan kita tidak dapat menjangkau bagian terjauh dari layar tersebut.

Advertisement

Jika itu adalah hal yang kalian keluhkan, berarti artikel ini tepat untuk kalian. Pasalnya kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk mengoperasikan smartphone dengan layar yang lebar dengan satu tangan. Penasaran bagaimana caranya? mari simak bersama-sama!

1. Gunakan Mode Satu Tangan

Mode satu tangan (one handed mode) tentunya menjadi hal yang wajib kalian pelajari ketika menggunakan smartphone dengan layar lebar. Cukup ciutkan layar ke sisi kiri atau sisi kanan sesuai dengan cara kalian memegang smartphone. Dengan begitu maka sisi terjauh dari layar dapat dengan mudah kalian jangkau.

2. Lebih Banyak Gunakan Gesture untuk Shortcut

Mode gestur adalah opsi berikutnya yang bisa kalian gunakan untuk mempermudah pengoperasian sebuah smartphone layar lebar. Atur sedemikian rupa smartphone dengan beberapa gestur mudah agar kalian dapat dengan cepat mengakses sebuah layanan. Sebagai contoh, kalian bisa menggunakan gestur double tap to wake / double tap to sleep ataupun swipe down di layar untuk mencari aplikasi tertentu.

Namun yang perlu kalian ketahui, tidak semua opsi gestur tersedia di perangkat smartphone. untuk itu kalian bisa menggunakan beberapa pilihan aplikasi pihak ketiga untuk memberikan opsi gestur tambahan.

Selamat mencoba.