OPPO mengkonfirmasi prosesor yang akan disematkan ke perangkat OPPO F7 melalui unggahan pada halaman resmi twitter Mediatek. Dengan konfirmasi tersebut dipastikan seluruh perangkat OPPO F7 yang beredar menggunakan prosesor Mediatek Helio P60.

Mediatek Helio P60 merupakan prosesor yang tergolong sangat baru. Prosesor ini diperkenalkan pada perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2018 di bulan Februari yang lalu.

Walaupun tergolong baru, prosesor ini sudah mendapat pengakuan diantaranya sebagai Best of MWC 2018 dari Android Authority. Prosesor ini mengemas 8 inti dengan format ARM big.LITTE dimana ada 4 inti ARM Cortex-A73 seperi yang terdapat pada Helio X30 dan 4 inti ARM Cortex-A53 yang masing – masing inti memiliki kecepatan 2.0 Ghz.

Prosesor ini memiliki kekuatan tinggi untuk menjalankan berbagai fitur multimedia dan games yang tergolong berat, hal ini dapat terlihat dari score Antutu yang menembus angka 139 ribu dengan score CPU 63 ribu lebih yang menyamai kinerja dari prosesor Snapdragon 660.

Perbandingan score Antutu antara perangkat R11s (kiri) yang menggunakan Snapdragon 660 dan F7 (kanan) yang menggunakan Helio P60

“Kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik pada konsumen, termasuk penggunaan prosesor terbaru yang di rilis Februari 2018 kemarin pada perhelatan MWC. Mediatek berhasil membuat Helio P60 menjadi prosesor yang sangat bertenaga dengan mengaplikasikan 4 core ARM Cortek-A73, selain itu dengan dukungan Dual-Core AI Processing Unit membantu F7 menjalankan fungsi kecerdasan buatan lebih cepat,” ujar Aryo Meidianto Aji, PR Manager OPPO Indonesia.

F7 sendiri akan diperkenalkan secara resmi di Indonesia. Perangkat ini mengusung keunggulan pada fungsi kecerdasan buatan atau A.I. Menariknya kecerdasan buatan yang diusung tidak hanya befokus pada kemampuan untuk berfoto selfie saja.

Selain dilengkapi dengan Dual-Core APU pada prosesor Mediatek P60, F7 akan mengusung internal 64GB dan 128GB. Perangkat ini juga akan hadir dalam dua warna, solar red dan moonlight silver.