Apps

Instagram akan Rilis Fitur “Nametag”

Instagram kembali terinspirasi dari fitur-fitur yang terdapat di Snapchat. Setelah Instagram Stories, kini media sosial milik Facebook tersebut tengah mengembangkan fitur Nametag yang mirip fitur Snapcode.

Dengan menggunakan Nametag, pengguna Instagram dapat membuat tag atau QR Code sesuai keinginan. Misalnya saja menambahkan warna, ornamen berupa emoji, sampai hasil selfie dengan stiker berbasis Augmented Reality (AR).

Seperti Snapcode, pengguna juga tak perlu lagi mengetikkan username atau mengunjungi halaman Instagram pengguna lain terlebih dahulu untuk follow Instagram-nya. Dilansir dari Tech Crunch, yang harus dilakukan hanyalah memindai Nametag pengguna lainnya menggunakan kamera bawaan Instagram untuk follow akun Instagram mereka.

Fitur Nametag sendiri dilaporkan sudah digunakan oleh beberapa pengguna terpilih saja, karena Instagram masih melakukan pengujian Beta untuk fitur ini. Namun jika fitur Nametag benar-benar dirilis, tentunya akan sangat membantu terutama bagi pengguna yang menggunakan Instagram sebagai “alat marketing” bisnisnya.

Seperti diketahui, sebenarnya fitur QR Code untuk menambahkan teman bukanlah hal yang baru. Sebelumnya aplikasi messaging asal Jepang, Line pun sudah menerapkan teknologi ini dan digunakan oleh berbagai pihak, termasuk restoran, dan bisnis lainnya.

Dengan menggunakan nametag, pengguna Instagram khususnya di sektor bisnis dapat mempromosikan akun mereka secara visual dengan cara yang menarik. Misalnya lewat Instagram Stories, selebaran atau poster, hingga merchandise.

Hingga kini, masih belum ada informasi kapan fitur Nametag akan tersedia untuk semua pengguna Instagram. Namun jika sudah dilakukan pengujian, ada kemungkinan fitur itu akan segera dirilis Instagram dalam waktu dekat.

Comments
To Top