Untuk kali pertama dalam sejarah, jumlah aplikasi di App Store susut pada 2017. Aplikasi di App Store berkurang menjadi 2,1 juta padahal pada awal 2017 masih berjumlah 2,2 juta.

Advertisement

Menurut The Verge, penurunan jumlah aplikasi iOS di App Store dilatarbelakangi oleh kebijakan Apple sendiri. Pada 2016, Apple menghapus aplikasi lama yang tak lagi kompatibel.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Apple memang mengumumkan keputusan untuk menghilangkan aplikasi iOS yang tak lagi mendukung perangkat baru. Aplikasi di luar 64-bit dihilangkan dari App Store.

Dalam menjalankan kebijakan itu, Apple bahkan turut menghapus aplikasi pemindai virus, aplikasi kloningan dari aplikasi lain, dan aplikasi berkualitas rendah yang berpotensi mengacaukan App Store.

Berbanding terbalik dengan App Store, Google Play Store justru mencatatkan pertumbuhan aplikasi positif. Pada 2017, gap jumlah aplikasi di Play Store jauh mengalahkan App Store.

Tahun lalu, Google Play Store merilis 1,5 juta aplikasi baru bagi pengguna ponsel bersistem operasi Android. Pada tahun yang sama, App Store hanya mempunyai 755.000 aplikasi iOS baru.

Di ranah gadget, sistem operasi iOS milik Apple dan Android milik Google memang bersaing ketat dalam hal teknologi maupun jumlah pengguna. Tahun ini, siapa bakal lebih unggul?