Berita

Komunitas Bukalapak Kaltim Gelar Kopdar

Demi mengoptimalkan berjualan online bagi para pelapak di Kalimantan Timur, komunitas Bukalapak mengadakan Kopdar. Terdiri dari gabungan para pelapak dari kota Balikpapan, Bontang, dan Samarinda, kopdar ini dihadiri oleh sebanyak 50 pelapak dari Kalimantan Timur.

Kopdar ini juga menghadirkan salah satu partner logistik Bukalapak yaitu TIKI, yang akan membahas mengenai pengemasan barang dengan baik.

“Kopdar komunitas Bukalapak Kalimantan Timur ini untuk Mengoptimalkan Penjualan Online di Bukalapak.”ujar Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak dalam keterangan resminya.

Fikri nengatakan, bahwa sebetulnya di masing-masing kota juga kerap mengadakan kopdar, namun kopdar gabungan ini dibuat untuk memperluas jejaring bisnis sesama Pelapak di Kalimantan Timur.

Fikri menambahkan bahwa pengalaman tentang bagaimana menulis judul dan mengambil foto produk dengan baik menjadi materi yang ditunggu oleh para peserta kopdar. Peserta juga antusias mengikuti bedah lapak dan praktik langsung yang disampaikan oleh kolaborasi para ranger dari Samarinda, Balikpapan dan Bontang.

Mayoritas barang yang dijual oleh pelapak di Kalimantan Timur adalah aksesoris dan kerajinan seperti kalung, gelang, tas. Kendala logistik yang mereka alami adalah kondisi paket yang tidak rapi sehingga sering mendapat respon negatif dari pembeli karena barang rusak pada saat pengiriman.

Konsep gotong royong dan kolaborasi di Bukalapak, kami wujudkan melalui sejumlah kegiatan bermanfaat seperti kopdar Komunitas Bukalapak ini. Kami dengan tangan terbuka menyambut dukungan berbagai pihak yang mempunyai cita-cita yang sama dengan kami, yaitu untuk menaikkelaskan masyarakat Indonesia” tambah Fikri.

Sementara Tiki sebagai salah satu mitra logistik Bukalapak juga turut serta memberikan dukungan dan materi kepada para peserta kopdar. Materi tentang pengemasan barang yang baik agar konsumen merasa puas ketika menerima barang pesanan mereka, disampaikan oleh perwakilan TIKI Kalimantan Timur dalam kegiatan ini.

Handry Setiawan, Pimpinan TIKI Samarinda, mengatakan, Kopdar gabungan Komunitas Bukalapak Kalimantan Timur ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi komunitas di regional lain untuk menambah jaringan bisnis dengan merangkul komunitas di kota lainnya.

Komunitas Bukalapak yang saat ini sudah tersebar di lebih dari 83 kota di seluruh Indonesia merupakan inisiatif dari para pelapak Bukalapak sendiri. Hingga saat ini jumlah pelapak Bukalapak telah mencapailebih dari tiga juta pelapak.

Comments
To Top