Tips & trik

Cara Menggunakan Fitur Ganjil Genap Di Google Maps

Peraturan ganjil-genap kini mulai diterapkan di banyak lokasi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Selain mengurangi tingkat kemacetan di kawasan tertentu, cara ini dilakukan pemerintah guna mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi publik.

Namun bagi beberapa orang yang banyak menghabiskan banyak aktivitasnya di perjalanan, membawa kendaraan pribadi tentunya akan menjadi pilihan yang tepat. Yang menjadi persoalan, jika tidak mengetahui wilayah mana saja yang mendapatkan aturan ganjil-genap, maka akan menjadi hal yang merepotkan.

Untuk itu Google baru saja meluncurkan informasi baru melalui Google Mpas nya, dimana kini pengguna bisa memilih plat nomor kendaraan ketika hendak melewati kawasan dengan ganjil genap pada jam peraturan tersebut berlaku.

Berikut cara menggunakannya

  1. Buka aplikasi Google Maps

  2. Masukkan lokasi tujuan. Fitur ganjil-ngenap akan muncul secara otomatis ketika pengguna hendak pergi ke kawasan masuk ke dalam wilayah ganjil genap saat jam peraturan tersebut berlaku.

  3. Pilih nomor pelat kendaraan. Jika nomor plat tidak sesuai dengan waktu diperbolehkannya kendaraan lewat, maka Maps akan secara otomatis mencarikan jalur alternatif.

Selanjutnya, jika pengguna salah memilih plat saat notifikasi muncul, maka ini cara untuk memperbaiki pengaturannya:

  1. Tekan ikon tiga titik pada bagian kanan lokasi awal

  2. Pilih “Route options”

  3. Tentukan apakah plat kendaraan

Semoga informasi ini membantu ya!

Comments
To Top