Huawei resmi memperkenalkan toko aplikasi miliknya bernama AppGallery. Toko aplikasi tersebut tersedia untuk semua ponsel Huawei.

Advertisement

Bagi pengguna Huawei P20 dan P20 Pro, AppGallery sudah tersedia secara prainstal. Artinya, pengguna tidak perlu lagi mengunduhnya.

AppGallery hadir dengan lima tab yang terdiri atas Featured, Category, Top, Manager, dan Me. Semua pengaturan pengguna dan preferensi aplikasi berada di tab itu.

Namun, berbeda dari Google Play Store, toko aplikasi milik Huawei ini memiliki lebih banyak aplikasi yang ditujukan untuk pasar Asia. Sebut saja layanan pesan WeChat serta layanan musik QQMusic.

Meski begitu, via AppGallery, pengguna masih bisa menemukan aplikasi umum seperti Instagram, YouTube, Facebook, dan lain-lain.

Dengan kata lain, pengguna ponsel Huawei tidak masalah mengakses Instagram, YouTube, Facebook, dan lain-lain. Sebab, sifatnya hanya opsional.

Untuk mengaksesnya, pengguna ponsel Huawei harus mengaktifkan unduhan aplikasi pihak ketiga dan masuk ke wap2.hispace.hicloud.com.

Layanan tersebut dapat dinonaktifkan melalui menu Settings di tab Me. Untuk menghapusnya, seperti halnya aplikasi biasa, cukup ditekanĀ  atau tombol Uninstall.