Facebook pekan ini mengumumkan mereka meluncurkan pembaruan News Feed untuk memberantas hoax, atau berita palsu.

Advertisement

Sementara tujuan awal pembaruan tampaknya memberikan konteks pengguna untuk berita yang mereka baca. Tetapi pembaruan juga memiliki tujuan tersembunyi: Menunjukkan kepada Anda teman mana yang berbagi berita palsu.

Pembaruan baru, pertama kali diuji tahun lalu, memberi pengguna lebih banyak konteks untuk posting berita.

Dengan mengetuk ikon “i” di samping judul berita, Anda akan diperlihatkan artikel Wikipedia sumber, artikel terkait, dan peta yang menunjukkan di mana cerita telah dibagikan sebelumnya – dan oleh siapa.

Itu artinya, jika Anda menemukan cerita yang premis atau politiknya tidak Anda setujui, Anda akan dapat melihat teman Anda yang mana yang telah membagikannya.

Informasi sebelumnya cukup standar – memiliki akses ke ringkasan non-Facebook tentang sejarah sumber berita dan daftar artikel terbaru mereka adalah cara yang baik untuk mengukur popularitas dan pandangan mereka, jika bukan reliabilitas.

Tetapi sisi tersembunyi – atau sisi buruknya, tergantung pada perspektif Anda – mungkin melihat jenis berita apa yang dibagikan teman Anda.

Mungkin sebagian dari Anda sudah memiliki seluruh daftar teman Anda yang dipatok untuk sudut pandang mereka, dan Anda sudah tahu yang mana dari teman-teman Anda yang akan mendapatkan bisu sementara selama pemilihan berikutnya.

Tetapi bagi Anda dengan daftar teman-teman besar, yang mungkin belum tahu, Anda akan dapat melihat apa yang telah mereka bagikan dan dari mana asalnya. Tentu saja, ini tidak memperhitungkan mengapa teman-teman Anda mungkin membagikan cerita dari situs tertentu – mungkin beberapa dari mereka menyertakan tautan hanya untuk mengomentari konten tanpa mendukung sudut pandangnya.

Tetapi itu akan membutuhkan lebih banyak penelitian pada bagian pengguna daripada Facebook.

Menurut pengembang Facebook, ide asli berasal dari “Artikel Terkait” yang dapat Anda temukan di bawah berita pada feed Anda. Agar ini berfungsi, penulis cerita harus memiliki tag penulis yang diimplementasikan pada halaman mereka.

Pembaruan akan tersedia untuk pengguna di AS mulai pekan ini.