Facebook hingga saat ini masih merajai dan mendominasi jagat media sosial di dunia. Berdasarkan laporan survey dari We Are Social dan Hootsuite, Facebook tercatat telah berhasil menguasai dua per tiga pasar dengan jumlah pengguna lebih dari 2,17 miliar.

Advertisement

Dengan begitu banyaknya jumlah pengguna, tentunya juga banyak sekali dinamika interaksi sosial yang biasa terjadi pada platform milik Mark Zuckenberg ini. Interaksi yang dimaksud, misalnya saja saling berbalas komentar, menambahkan jaringan pertemanan, membalas pesan, hingga blokir memblokir

Berbicara mengenai kegiatan blokir memblokir, interaksi ini biasa dilakukan para pengguna Facebook untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari akun yang dianggap cukup mengganggu. Namun, pemblokiran pun bisa dibatalkan sehingga di kemudain hari pengguna kembali bisa melihat informasi dari akun yang pernah ia blokir.

Saatnya untuk membahas cara memblokir dan membatalkan pemblokiran, berikut adalah ulasannya:

Melakukan Pemblokiran

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, dengan memblokir maka segala akses kita terhadap sebuah akun akan terputus, begitu pula sebaliknya.

Untuk dapat melakukan langkah ini, caranya cukup kunjungi halaman profil akun yang ingin diblokir. Selanjutnya, pilih opsi “more” yang terletak di bawah foto profil. Lanjutkan dengan memilih opsi “block”, disertai dengan mengisi alasan mengapa kita melakukan pemblokiran terhadap akun tersebut.

Cara Membatalkan Pemblokiran

Selanjutnya, jika dirasa kita tidak perlu lagi melakukan pemblokiran terhadapa sebuah akun, kita bisa membatalkannya dengan mudah.

Caranya, navigasikan opsi Facebook kita menuju opsi menu (tiga garis bersusun). Lanjutkan dengan memilih opsi Settings – Account Settings-Blocking.

Pada laman Blocking, kita akan melihat berbagai nama akun yang telah diblokir. Cari akun yang ingin dibatalkan pemblokirannya dan tekan opsi “Unblock”.

Setelah itu, nantinya Facebook akan mengirimkan konfirmasi apa yang akan terjadi jika pemblokiran dibatalkan. Jika setuju, pilih konfirmasi Facebook juga memberikan peringatan bahwa, jika kita ingin melakukan pemblokiran lagi, maka Anda harus menunggu 48 jam terlebih dahulu setelah melakukan unblock terakhir.

Langkah unblock di atas bisa dilakukan di perangkat iPhone maupun perangkat Android. Hanya ada sedikit perbedaan di bagian antarmuka aplikasinya saja.