Instagram dikabarkan memangkas Application Programing Interface (API), terhadap pengembang dan membatasi pihak lain dapat menggunakan API untuk mengumpulkan data para pengguna Instagram.

Advertisement

Hal ini dilakukan Instagram, menysusul kasus kebocoran data pribadi yang terjadi kepada Facebook.

Dikabarkan Tech Runch, kasus yang menimpa Facebook  ternyata mempengaruhi Instagram. Oleh karena itu, sebelum Instagram juga kehilangan para penggunanya, mereka membuat perubahan terhadap keamanan data penggunanya.

Beberapa pengembang menyadari jika pada akhir pekan lalu, mereka merasa terdapat pengurangan ping terhadap API Instagram.

Kabarnya, Instagram mengurangi frekuensi ping dari 5.000 ping per jam menjadi 200 ping per jam.

Beberapa pengembang bahkan melaporkan bahwa mereka kehilangan akses ke API sepenuhnya. Tentu saja, hal ini membuat para pengembang kebingungan karena tidak ada pemberitahuan resmi oleh Instagram.

Memang sebelumnya, pihak Instagram pernah mengatakan jika mereka akan melakukan penyesuaian pengaturan akses data pengguna platform mereka. Namun mereka mengatakan akan melakukan hal ini pada musim panas mendatang.

Dengan pembaruan kebijakan terkait API ini, para pengembang kini semakin merasakan keterbatasan mereka dalam mengakses data pengguna. Hal ini dikarenakan mereka menggunakan data pengguna untuk memberikan informasi yang tepat bagi pengguna, seperti pemilihan iklan yang tepat bagi pengguna internet.

Pihak Instagram pun belum memberikan penjelasan terkait dengan masalah pembatasan API ini.

Soal membatasi API, bukanlah kali pertama dilakukan Instagram. Beberapa tahun lalu, tepatnya akhir 2015, setelah sempat ramai dengan berita aplikasi InstaAgent yang mencuri data pengguna, Instagram mengumumkan pembaruan API yang sedang dikerjakan.

Instagram membatasi beberapa akses API  dan memilih mana saja pengembang yang akan diberikan akses tentunya jika dianggap tidak melanggar aturan.

Kala itu Instagram menjelaskan fitur apa saja yang tidak akan diijinkan. Mulai dari membagikan konten dari Instagram berupa mencetaknya sebagai foto, menjadikan foto profil akun sosial media dan beberapa hal lainnya.