Google akan menggenalkan Pixel dengan harga lebih terjangkau daripada yang ada saat ini.

Seperti dilansir Android Authority, hal tersebut digadang-gadang sebagai cara Google untuk memperluas portofolio smartphone, agar semakin menguatkan posisinya di pasar ponsel.

Smartphone tersebut direncanakan dipasarkan untuk negara-negara berkembang, seperti India.

India disebut akan memainkan peran penting dalam penjualan smartphone ini dan Google bakal memasarkannya dengan cukup agresif.

Pasar berkembang dinilai sebagai target yang tepat untuk smartphone Pixel harga terjangkau, tapi produk yang sama tetap memiliki peluang baik di negara-negara lain.

Menurut sumber, peluncurannya kemungkinan akan digelar pada Juli atau Agustus 2018. Pihak Google belum memberikan pernyataannya terkait smartphone itu.

Smartphone ini pun sekaligus menjadi salah satu langkah agresif Google di India, mengingat perusahaan juga sedang berencana merilis speaker pintar dan Pixelbook terbaru di negara tersebut.

Google sebelumnya sudah mengembangkan perangkat lunak Android yang lebih ringan atau lite melalui sistem operasi Oreo Go.

Selain itu, strategi ini dapat memperluas merek Pixel di seluruh dunia. Meskipun diakui, sulit bagi Google untuk mencetak penjualan setingkat Apple apabila kanal penjualannya terbatas pada segelintir negara maju.

Tidak ada kabar apakah Google berencana untuk merilis Pixel versi murah ini di pasar Amerika Serikat. Yang amat mungkin, Google akan menjual ponsel Pixel-nya ke pasar negara berkembang, salah satunya Indonesia.

Sejauh ini belum ada informasi tentang spesifikasi smartphone tersebut. Namun, Google kemungkinan sudah memasukkan smartphone itu dalam tahap pengembangan lanjutan.

Smartphone Google Pixel cukup bikin heboh ketika dirilis tahun 2016 lalu. Apakah Pixel murah ini juga akan menarik perhatian pengguna ponsel lainnya?