Jika Anda mengandalkan WhatsApp untuk berkirim pesan ke teman dan keluarga, mungkin Anda sudah tahu kapan Anda bisa mengobrol dan apakah mereka telah membaca teks Anda, karena aplikasi menyediakan fungsi pengecekan itu.

Ternyata bukan itu saja, dilansir dari Lifehacker (1/4/2018) adalah Chatwatch, aplikasi iOS baru yang menggunakan fitur status online/offline publik WhatsApp untuk memberi tahu seberapa sering pengguna memeriksa aplikasi mereka, serta memperkirakan jam berapa ia tidur setiap hari.

Bahkan, Anda bisa menghubungkan data di dua kontak untuk mengetahui apakah mereka (pernah) berkomunikasi satu sama lain.

Fitur ini tentu mengkhawatirkan karena orang lain yang ada di daftar kontak kita, bisa mengawasi melalui aplikasi ini.

Tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan orang lain mengintai dengan fitur itu. Bahkan jika Anda menonaktifkan fitur ‘Last Seen’ di pengaturan akun, Chatwatch masih bisa mengetahui aktivitas WhatsApp Anda.

Tidak gratis, aplikasi Chatwatch di platform iOS berbiaya langganan $2 sekitar Rp28.000 untuk mengintai dua nomor kontak selama seminggu.

Tapi ternyata, mulai pekan ini aplikasi Chatwatch lenyap dari App Store. Di situsnya, Chatwatch mencatat, mereka tidak mengetahui alasan di balik penghapusan aplikasinya dari App Store oleh Apple.

“Untuk alasan yang tidak kami ketahui, Apple telah menangguhkan aplikasi kami dari App Store. Kami sedang mengerjakan versi web untuk roll out paling cepat besok, dan menarik keputusan dengan Apple.”