Bila kita pelajari dengan lebih teliti lagi, paket data yang pada saat ini banyak ditawarkan oleh tiap provider seluler ternyata cukup rumit untuk dimaksimalkan. Pasalnya, selain memberikan kuota jaringan 4G, paket data yang pada saat ini banyak ditawarkan juga menyisipkan paket lainnya, seperti kuota semua jaringan, kuota 3G, kuota tengah malam, dan masih banyak ragamnya lagi.

Advertisement

Bagi sebagian pengguna yang tidak ingin repot, hal ini tentunya jadi cukup menyebalkan. Sebab, sudah jelas bahwa setiap pengguna sebenarnya hanyalah menginginkan untuk bisa menikmati layanan dengan jaringan yang tercepat, yaitu jaringan 4G.

Khusus untuk kalian yang hanya ingin memaksimalkan kuota jaringan 4G saja, ada trik mudah yang ternyata bisa dilakukan untuk membuat smartphone mengunci jaringan 4G saja.

Terdapat dua cara umum yang bisa ditempuh oleh kita. Penasaran menyoal bagaimana caranya? Marilah kita ulas bersama-sama di bawah ini:

1. Aplikasi

Cara pertama yang bisa kita lakukan, tentunya, adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi. Pada dasarnya, aplikasi tersebut hanyalah berperan sebagai sebuah cara yang praktis dan mudah untuk melakukan penguncian koneksi jaringan.

Terdapat beberapa pilihan aplikasi dengan fungsi yang serupa. Misalnya saja, aplikasi 4G Switcher (4G LTE Switcher).

Untuk memanfaatkan layanan dari aplikasi ini, caranya cukup mudah. Cukup dengan membuka aplikasi tersebut, maka kita akan melihat sebuah tampilan awal yang berupa tiga menu utama, yaitu Device Information, Usage Statistics, dan Wi-Fi Information.

Pilihlah menu Device Information, lalu akan hadir berbagai informasi mengenai perangkat yang kita gunakan, mulai dari nomor IMEI, kekuatan sinyal, jaringan yang pada saat ini digunakan, dan lain-lain.

Geserlah layar ke bawah hingga menemukan opsi untuk mencari Set preferred network type. Pilih opsi tersebut, dan Pilih opsi LTE only.

Setelah melakukan pengaturan ini, kita nantinya hanya akan menerima jaringan 4G saja.

2. Manual

Cara kedua merupakan cara manual yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara pertama. Cara ini lebih ditujukan untuk para pengguna yang malas meng-install aplikasi tambahan untuk melakukan penguncian jaringan 4G.

Nah, untuk dapat melakukan penguncian jaringan dengan cara manual, kalian cukup mengetik *#*#4636#*#*.

Seketika, akan dimunculkan tiga menu utama, yaitu Device Information, Usage Statistics, dan Wi-Fi Information.

Cara selanjutnya, persis seperti yang telah dijabarkan di atas ketika kita menggunakan aplikasi.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Cara ini hanyalah berlaku untuk penggunaan kartu SIM 1. Oleh sebab itu, pastikan agar kartu SIM dari operator yang kita gunakan terpasang pada slot 1. Kelemahan lain yang dimiliki oleh cara ini adalah setiap kali smartphone memasuki kondisi mati atau restart, maka kita pun harus melakukan pengaturan ulang lagi dari awal.

Selain itu, pastikan pula agar daerah di sekitar kita memang telah menggunakan jaringan 4G dengan merata.

Nah, itulah cara untuk mengunci jaringan 4G pada smartphone Android. Semoga tips ini berguna, ya!