Tips & trik

Cara Mengaktifkan Mode Malam di Android

Fungsi mode malam tersedia di banyak ponsel pintar Android. Fungsi praktis dan berguna ini memungkinkan Anda untuk menerapkan filter ke layar untuk meminimalkan ketegangan mata dan mengurangi cahaya biru yang dipancarkan oleh layar ponsel Anda. Pada artikel ini, kami akan memberitahu Anda bagaimana Anda dapat mengaktifkan fungsi ini, terlepas dari apakah fungsi ini dipakai sebagai fungsi default atau tidak.

Semakin banyak pengguna ponsel mengalami masalah dengan ketegangan mata karena jumlah waktu yang mereka habiskan di depan layar. Tidak mengherankan memang, bila Anda mempertimbangkan gaya hidup modern kita (TV, komputer, ponsel, tablet dan lain-lain). Mode perlindungan mata, sebagaimana Huawei menyebutnya, adalah cara yang efektif untuk mengurangi cahaya biru. Cahaya biru memiliki dampak negatif pada tidur Anda karena mengganggu produksi melatonin, hormon tidur yang penting.

Cara mengaktifkan mode malam sebagai setelan default

Di ponsel Pixel

Menyadari pentingnya mode ini, Google memutuskan untuk mengintegrasikannya ke dalam ponsel Pixel mereka yang beroperasi di Android Nougat, dengan disematkannya sebuah fitur bernama Night Light. Hal yang sama juga berlaku untuk ponsel Pixel 2, yang memilikinya sebagai fitur Android Oreo.

Untuk mengaktifkannya, masuk saja ke Pengaturan> Layar> Night Light. Anda juga dapat mengkonfigurasinya agar Night Light akan mati secara otomatis pada waktu-waktu tertentu. Walau begitu, pengaturan yang direkomendasikan adalah pengaturan untuk menyalakan Night Light secara otomatis, dengan jadwal ‘Matahari terbenam hingga Matahari terbit’.

Pada ponsel dari produsen lain

Bahkan jika ponsel Anda bukan Pixel, produsen lain tidak ingin menunggu hingga pembaruan Android berikutnya untuk memperkenalkan Mode Malam di beberapa ponsel mereka. Beberapa produsen yang telah menyematkan mode ini pada ponsel mereka adalah Honor, Huawei, Asus, OnePlus dan Samsung. Umumnya, yang perlu Anda lakukan hanya pergi ke Pengaturan atau shortcut untuk mengaktifkannya.

Dapatkan fitur mode malam dengan aplikasi di Google Play Store

Jadi, Anda sudah mencari-cari di ponsel Anda saat ini dan sepertinya tidak memiliki mode malam? Ini bisa saja terjadi, terutama jika Anda menggunakan Android One atau Android bawaan ponsel Anda, tanpa tambahan oleh Google atau skinprodusennya. Namun begitu, jangan khawatir.

Saat ini ada sejumlah aplikasi yang tersedia di Google Play yang memungkinkan Anda mendapatkan hasil yang sama. Salah satu yang paling populer di sekitar saat ini adalah Bluelight Filter. Aplikasi ini memiliki fungsi yang sama seperti yang Anda temukan di Android, bahkan dengan lebih banyak opsi baru seperti memilih warna filter dari tujuh nuansa yang tersedia, shortcut di layar homewidget notifikasi di layar dan jadwal waktu aktivasi. Bluelight Filter sendiri bisa Anda unduh secara gratis. Aplikasi yang memiliki kompabilitas dengan Android 4.0 atau lebih tinggi ini hanya memiliki ukuran filse sebesar 5,56 MB saja.

Selain itu, masih ada beberapa aplikasi mode malam lainnya yang patut Anda pertimbangkan untuk Anda unduh dari Play Store. CF.lumen, f.lux dan Twilight adalah tiga aplikasi lainnya yang cukup populer. CF.lumen dan f.lux mengharuskan dilakukannya proses rooting pada ponsel Anda, sementara Twilight tidak. Walaupun begitu, baik CF.lumen dan f.lux memiliki fitur yang lebih banyak daripada Twilight, meskipun Twilight memiliki pengaturan bawaan yang sudah cukup memadai dan masih pula menyediakan beberapa tweak. Karenanya, bagi sebagian besar pengguna, Twilight adalah pilihan yang cukup bagi mereka, kecuali bagi sebagian kecil pengguna lainnya yang menginginkan fitur yang lebih canggih.

Ada banyak penelitian yang menyarankan bahwa dengan lebih sedikit terterpa cahaya biru dari perangkat Anda akan membantu Anda tidur. Solusi ideal mungkin adalah dengan tidak menggunakan ponsel Anda (atau menonton TV, melakukan fungsi yang berhubungan dengan layar lainnya) tepat sebelum tidur, tapi pada kenyataannya sepertinya tidak ada yang akan melakukan itu. Mode Malam di Android Nougat atau aplikasi seperti Twilight adalah cara terbaik bagi Anda untuk tetap melakukan hal itu namun dengan pengurangan risiko.

Demikian cara untuk mengaktifkan mode malam pada perangkat Android Anda. Selamat mencoba.

To Top