Kita ketahui, baru-baru ini Instagram menarik kembali fitur GIF dari platformnya. Penarikan fitur GIF milik Giphy ini dilakukan setelah sejumlah pengguna menemukan adanya gambar bergerak GIF yang bersifat rasis

Padahal fitur ini baru saja hadir di Instagram Stories.

Namun kini dikabarkan bahwa Instagram, kembali menghadirkan fitur GIF dari Giphy pada layanan Instagram Storiesnya.

Dikutip dari The Verge, Instagram kembali mengaktifkan fitur GIF pada Stories setelah empat kali melakukan peninjauan.

Tidak sampai situ, Instagram mengaku pihaknya bakal meninjau dengan ketat tiap GIF baru ditambahkan.

Dalam keterangannya, juru bicara Instagram menjelaskan,para pengguna Instagam memiliki pengalaman yang baik saat menggunakan layananannya.

Juru bicara Giphy meminta maaf kepada siapapun yang terdampak masalah ini.

Sementara juru bicara Giphy menuturkan, untuk siapapun yang terpengaruh masalah ini, pihaknya minta maaf, bawa Giphy bertanggung jawab penuh atas kejadian lalu.

Juru bicara Giphy mengatakan, pihaknya telah melakukan investigasi menyeluruh terhadap sistem moderasi konten dan membuat perubahan proses moderasi guna memastikan hal ini tidak terulang lagi.

Sebagai informasi, Instagram dan Snapchat menarik.fitur.GIF,.setelah sejumlah pengguna menemukan adanya gambar bergerak GIF yang bersifat rasis.

Saat itu pihak Snapchat segera menarik stiker tersebut setelah mengetahui hal itu, dan menonaktifkan fitur GIF.

Pihak Instagram pun melakukan hal.yang sama. Instagram, segera menghilangkan opsi GIF yang selama ini ada pada layanan Instagram Storiesnya. Ketika dikonfirmasi, Instagram menyatakan hal serupa dengan Snapchat.