Berita

Shopee Berdayakan Ibu Rusun Pulugebang Untuk Program Batik

Sebagai kelanjutan dari inisiatif Kreasi Nusantara yang diluncurkan pada bulan Februari lalu, Shopee Indonesia mengumumkan program Batik Shopee terbarunya.

Melalui program ini, Shopee menggandeng JKT Creative yang disebut-sebut sebagai komitmen jangka panjang yang dimiliki Shopee untuk terus mendorong dan memajukan UMKM dan produk lokal.

Selain menciptakan batik khasnya sendiri, program ini juga turut memberdayakan para ibu di Rusunawa Pulogebang dalam proses pembuatannya.

Chris Feng, CEO Shopee mengatakan, kegiatan Batik Shopee merupakan bagian dari program Kreasi Nusantara dalam memberdayakan masyarakat lokal dengan mengembangkan potensi mereka.

Dijelaskan Chris Feng, melalui JKT Creative,  Shopee tidak hanya ingin melestarikan batik sebagai warisan budaya lokal asli Indonesia, namun sekaligus memberikan manfaat bagi pengrajinnya.

“Dengan adanya program Batik Shopee dapat memberikan kontribusi positif dan menciptakan kemandirian secara ekonomi bagi Ibu-ibu Rusunawa Pulogebang.” ujar Chris Feng, dalam keterangan resminya.

Inisiatif ini turut disambut baik oleh Nur Asia Uno, selaku Kepala Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW).

Beliau mengatakan, kehadiran Kreasi Nusantara melalui pelatihan membuat Batik Shopee yang diselenggarakan oleh Shopee kepada UMKM merupakan bentuk nyata peran aktif para pelaku e-commerce dalam membuka peluang pasar yang luas, dan mendorong terciptanya produk-produk UMKM.

Hal ini sangat membantu terwujudnya visi dan misi pemerintah dalam memajukan perekonomian masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta.

Nur juga menyebutkan, kolaborasi antara Shopee dan JKT Creative akan menghasilkan motif batik eksklusif yang akan digunakan untuk menjadi seragam internal Shopee dan juga merchandise seperti pouch, totebag, t-shirt, dan scarf.

Rangkaian proses pembuatan Batik Shopee dilaksanakan selama tiga bulan, mulai dari proses pelatihan hingga produksi. Para Ibu Rusunawa Pulogebang akan mendapatkan berbagai kurikulum pelatihan mulai dari proses sketsa, membatik, pewarnaan, hingga pelorotan.

Sementara Iwet Ramadhan,  Co-Founder dari JKT Creative, menuturkan, kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat dari segi skill dan finansial namun juga mendapatkan wadah untuk memasarkan produk -produk tersebut secara online di laman Kreasi Nusantara.

Comments
To Top