Gadget

Samsung Galaxy A8+ VS Honor V10, Smartphone dengan Kamera Unggulan

Sebelum mendatangkan flagship anyarnya, Galaxy S9, Samsung lebih dulu merilis smartphone semi-premium. Smartphone yang populer di search engine Priceza ini adalah Galaxy A8+ yang dijual dengan banderol Rp8 jutaan.

Nyatanya, tak hanya Samsung yang bermain di pasar smartphone dengan range harga tersebut. Opsi lainnya, kamu bisa melirik Honor V10 yang sama-sama andalkan fitur kamera serta performa ala smartphone high-end.

Dari kedua smartphone tersebut, produk manakah yang layak beli? Untuk membantu kamu memutuskan memilih produk yang tepat, berikut ini terdapat komparasi antara Samsung Galaxy A8+ dan Huawei Honor V10.

Desain

Soal desain, kedua smartphone ini memiliki rupa menawan. Huawei Honor V10 datang dengan balutan material alumunium, sedangkan Samsung Galaxy A8+ menggunakan bahan kaca pada bagian belakang berpadu frame berbahan alumunium.

Usung dimensi 159.9 x 75.7 x 8.3 mm dan berat 191 gram, Huawei Honor V10 tampil lebih slim dan ringan dengan ukuran bodi 157 x 75 x 7 mm dan berat 172 gram. Perbedaan lain, Samsung Galaxy A8+ menempatkan sensor sidik jari di bagian belakang bodi, sedangkan Huawei Honor V10 memiliki fingerprint sensor di bagian depan bawah layar.

Sayangnya, terdapat satu fitur yang membuat Samsung Galaxy A8+ lebih unggul ketimbang Huawei V10. Fitur tersebut adalah kemampuan tahan debu dan air pada kedalaman 1,5 meter selama 30 menit berkat dukungan sertifikasi IP68.

Layar

Beralih ke layar, kedua smartphone ini menawarkan panel full display. Samsung Galaxy A8+ hadir dengan panel Super AMOLED dengan rasio 18.5:9 ratio seluas 6 inch sedangkan Honor V10 gunakan panel LTPS IPS dengan rasio 18:9 dan memiliki luas 5,99 inch. Soal tampilan, keduanya pun gunakan custom interface bawaan seperti EMUI 8.0 di Honor V10 dan Samsung Experience UI pada Galaxy A8+.

Performa

Huawei Honor V10 dijalankan pada OS Android 8.0 Oreo. Soal performa, smartphone ini gunakan chipset Hisilicon Kirin 970 dengan grafis Mali-G72 MP12 yang dipadukan RAM berukuran 6GB dan memori internal dengan kapasitas 64GB atau 128GB.

Sementara itu, pesaingnya Samsung Galaxy A8+ berjalan pada OS versi lawas Android 7.1.1 Nougat. Chipset yang digunakannya adalah Exynos seri 7885 Octa dengan grafis Mali-G71 yang didukung RAM 6GB dan memori internal 64GB.

Dapat dilihat, Honor V10 diperkuat dengan chipset kelas tertinggi besutan Huawei yang diklaim memiliki performa sekelas Snapdragon 845. Kekurangan pun kontras terlihat pada Samsung Galaxy A8 yang hanya menggunakan chipset kelas menengah saja.

Kamera

Huawei Honor V10 datang dengan fitur dual kamera belakang 16 MP (f/1.8) + 20 MP yang didukung sederet fitur canggih seperti 2x lossless zoom, zero shutter lag dan PDAF. Hasilnya, dua buah modul tersebut bisa melakukan zooming obyek hingga 2 kali pembesaran, termasuk menghasilkan efek bokeh keren. Beralih ke bagian depannya, tersedia kamera 13 MP dengan aperture f/2.0 untuk digunakan berfoto selfie.

Berbading lurus, pesaingnya Galaxy A8 menyematkan fitur dual kamera depan 16 MP (f/1.9) + 8 MP (f/1.9). Kamera tersebut diklaim sanggup hasilkan efek bokeh pada foto selfie kamu berkat adanya fitur Live Focus. Untuk kamera belakangnya sendiri, Galaxy A8+ memanfaatkan sensor 16 MP dengan bukaan lensa f/1.7 yang diklaim sanggup memotret di kondisi low light dengan kualitas detail.

Baterai

Soal ketahanan, kedua smartphone ini tak berbeda jauh. Samsung Galaxy A8+ gunakan baterai berkapasitas 3,500 mAh dan Huawei Honor V10 dilengkapi baterai 3,750 mAh. Tak lupa, keduanya pun dibekali fitur berupa Fast Charging sehingga proses pengisian baterai bisa berlangsung lebih cepat.

Dijual dengan banderol Rp8 jutaan, Samsung Galaxy A8+ tawarkan keunggulan di sektor kamera depan, layar full screen, sertifikasi anti air dan desain elegan yang cukup mirip dengan varian flagship Galaxy S8.

Sementara jika kamu menyisihkan fungsionalitas dari kamera depan, terdapat opsi lain yakni Huawei Honor V10 yang harga jualnya lebih murah hingga Rp 1 juta, memiliki performa lebih andal, kamera belakang mumpuni dan desain yang tak kalah keren.

Comments
To Top