Di tengah skandal penyalahgunaan data 50 juta pengguna, Facebook berbenah dengan menghadirkan perubahan di fitur Friend Request. Sekarang, permintaan pertemanan di Facebook bakal dibatasi oleh waktu.

Advertisement

Dilaporkan Beta News, permintaan pertemanan di Facebook tidak akan selamanya tersedia di daftar Friend Request. Dalam periode 14 hari atau dua minggu, permintaan pertemanan di jejaring sosial tersebut akan secara otomatis hilang.

Konsep serupa sebenarnya sudah diterapkan lebih dulu oleh Snapchat. Jika ada orang yang menambahkan Anda sebagai teman, Snapchat bakal menyediakan waktu sekian minggu sebelum akhirnya hilang sendiri manakala tak kunjung disetujui.

Lewat pembaruan fitur Friend Request, Facebook ingin pengguna terbiasa tidak melewatkan kesempatan menambah teman baru.  Pihak Facebook mengatakan bahwa pembaruan fitur tersebut kini sedang diuji coba sehingga tidak semua pengguna bisa menjajalnya.

Melalui pembaruan itu pula, Facebook berinisiatif membantu pengguna untuk menemukan sosok populer yang mempunyai banyak permintaan pertemanan tetapi tak sempat mengeceknya satu per satu. Ya, barangkali Anda juga ingin ikut menambahkan pertemanan ke sosok tersebut.

Satu hal yang perlu diketahui, tanpa disadari, fitur itu sebenarnya juga memantik pengguna Facebook untuk lebih sering mengecek aplikasi hanya demi mengetahui permintaan pertemanan baru yang masuk.

Strategi tersebut untuk mendorong pengguna agar tak berjemaah meninggalkan Facebook seperti yang dilakukan oleh banyak orang di berbagai negara pascakasus penyalahgunaan data oleh Cambridge Analytica.

Facebook is testing self-destructing friend requests