Berita

Iklan di YouTube Bakal Makin Sering, Ini Alasannya!

Tak lama lagi, pengguna YouTube bakalan makin sering melihat iklan ketika menikmati tayangan video musik di aplikasi itu. Ini menyusul protes para musisi dan label rekaman yang menuduh aplikasi itu menayangkan video yang melanggar hak cipta dan tidak membayar hak lisensi dengan layak.

Menurut halaman techradar, YouTube berharap memperbaiki hubungan tersebut dengan layanan langganan bebas iklan baru khusus untuk penggemar musik.

Di South by Southwest (SXSW) Texas belum lama ini, Kepala Musik Global YouTube Lyor Cohen mengatakan mereka akan segera mulai menayangkan lebih banyak iklan kepada orang-orang yang menggunakan aplikasi itu sebagai layanan streaming musik gratis.

Jadi iklan yang lebih banyak khusus untuk yang mendengarkan lagu-lagu saja.

“Anda tidak akan bahagia setelah mendengar ‘Stairway to Heaven’ dan ditayangkan iklan tepat setelah itu,” katanya.

“Ada lebih banyak orang di saluran kami, sehingga kami dapat membuat mereka frustasi dan merayu untuk menjadi pelanggan. Setelah kami melakukan itu, percayalah, semua kebisingan itu akan hilang dan artikel yang ditulis orang tentang kebisingan itu akan hilang,” imbuhnya.

Setelah wawancara itu, YouTube mengeluarkan pernyataan untuk mengklarifikasi komentar Cohen. “Prioritas utama kami di YouTube adalah memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa dan itu termasuk memastikan pengguna tidak menghadapi beban iklan yang berlebihan,” katanya.

“Untuk subkumpulan pengguna tertentu yang menggunakan YouTube seperti layanan musik berbayar saat ini, dan akan mendapat manfaat paling banyak dari fitur tambahan, kami dapat menampilkan lebih banyak iklan atau permintaan promosi untuk meningkatkan layanan berbayar kami.”

Layanan baru ini dipastikan akan berbeda dengan layanan berlangganan YouTube Red yang sudah ada. Dengan biaya bulanan sebesar US$ 9,99, YouTube Red menghapus iklan, memungkinkan pengguna menonton serial dan film YouTube Red Original TV, memungkinkan pengunduhan video untuk ditonton secara offline dan memungkinkan pengguna ponsel mendengar musik di latar belakang saat menggunakan aplikasi lain.

Saat ini You Tube Red baru tersedia di AS, Australia, Korea, Meksiko, dan Selandia Baru.

YouTube belum mengumumkan nama untuk layanan baru ini atau mengatakan apakah itu akan tersedia di wilayah lain. Tetapi platform ini sedang merencanakan dorongan pemasaran besar, sehingga bisa diprediksi akan segera terdengar.

Comments
To Top