Dengan semakin populer dan mudahnya pengguna dalam mengakses YouTube, tidak heran saat ini menonton video streaming telah menjadi salah satu kegiatan umum yuang banyak dilakukan oleh setiap masyarakat. Bahkan, bukan tidak mungkin seseorang menghabiskan hampir seluruh waktu senggangnya hanya untuk berselancar di media online satu ini. Namun, satu hal yang kurang disadari oleh masyarakat, bahwa berada di depan layar monitor secara terus menerus akan mengganggu kesehatan mata.

Beruntung YouTube menyadari hal tersebut, sehingga layanan streaming milik Google ini akhirnya menyediakan pengaturan antarmuka baru yang lebih ‘bersahabat’ bagi mata pengguna. Dinamakan ‘Dark Theme’, mode pengaturan antarmuka ini sebenarnya telah dihadirkan sebelumnya oleh YouTube, namun kala itu masih berada di dalam tahap uji coba. Kali ini, melalui pembaruan YouTube for iOS di versi terbaru, seluruh pengguna sudah dapat menggunakan fitutr Dark Theme ini dengan mudah.

Berikut adalah cara menggunakannya:

  • Lakukan update YouTube for iOS pada versi terbaru.
  • Tekan ikon Profile yang terletak di kanan atas layar, masuk pada opsi Settings.

  • Aktifkan opsi Dark Theme untuk mendapatkan tampilan mode gelap.

Selanjutnya pengguna akan melihat tampilan YouTube for iOS yang lebih gelap dan bersahabat untuk mata.

Dengan menghadapi tampilan antarmuka Dark Mode tersebut, pihak YouTube memastikan bahwa mata pengguna tidak akan terlalu kelelahan untuk menyerap layar yang terang secara terus-menerus.