Aplikasi pesan singkat Telegram akhir-akhir ini terus menggulirkan pembaruan. Seiring dengan pembaruan itu membuat pengguna Telegram kabarnya kian bertambah.

Seperti ditulis dalam blognya, Telegram telah mengumpulkan pengikut dari berbagai layanan messenger lain sejak dirilis.Aplikasi pesan singkat milik Pavel  Durov, mengumumkan bahwa dalam 30 hari terakhir, Telegram digunakan oleh tidak kurang dari 200 juta orang.

Dikatakan Durov, Telegram percaya bahwa semua orang memiliki kebebasaan dalam segala hal, seperti berkomunikasi.  Untuk berkomunikasi secara pribadi.

Telegram memang dikenal memiliki fokus yang berbeda dengan aplikasi-aplikasi serupa. Perusahaan ini sejak awal sudah memfokuskan diri terkait privasi dan keamanan pengguna.

Aplikasi ini menggunakan sistem enksripsi end-to-end untuk memastikan komunikasi yang dilakukan tidak dapat diketahui pihak lain. Sehingga pengguba bebas berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Selain itu, Telegram juga memiliki fitur “SecretChat”. Fitur ini memungkinkan pesan dapat diatur untuk terhapus secara otomatis dari masing-masing perangkat.

Tidak saja pengumuman tentang pencapaian ini, Telegram merilis pembaruan untuk aplikasi Android dan iOS, yang membawa perbaikan pada cara pengguna dapat menemukan stiker baru.

Jadi, jika pengguna menggunakan Telegram versi terakhir, Anda akan dapat memanfaatkan opsi pencarian stiker baru. Cukup gulir ke atas di panel stiker dan pengguna akan menemukan bidang pencarian baru yang ditambahkan dalam pembaruan ini.

Peningkatan penting lainnya adalah kemampuan mengirim banyak gambar ke penerima, serta menerima lebih dari satu gambar dari salah satu kontak anda

Bersi iOS dari Telegram menerima pengaturan Auto-Night Mode baru yang memungkinkan pengguna untuk secara otomatis beralih ke versi gelap dari antarmuka. Fitur khusus ini awalnya dirilis di Android, tetapi sekarang pengguna iOS juga dapat menggunakannya.

Pengguna iOS juga mendapat dukungan untuk pemformatan teks dalam keterangan media, bersama dengan kemampuan untuk melaporkan pesan individu dalam entitas publik. Aplikasi Telegram telah dioptimalkan untuk membuatnya lebih ringan pada penggunaan baterai.