Tips & trik

Tips supaya Aman dari Kejahatan Cyber

Internet sudah sangat menyatu dengan kehidupan sehari-hari kita. Kita bisa berkomunikasi, mencari info, hingga belanja sudah dilakukan secara online. Bahkan hingga informasi sensitif seperti perbankan sudah menggunakan internet. Berbagai kemudahan ditawarkan disini. Namun dibalik sisi positif, tentu ada sisi negative yang mengintai. Kejahatan cyber sudah marak diseluruh dunia. Seperti yang kita tahu, seang ramai diberitakan masalah scamming dan ransomware.

Nah untuk itu, agar kita tidak menjadi korban kejahatan cyber, kita ikuti yuk tips-tips berikut ini

Backup Data secara Rutin

Backup memang sering kita anggap remeh atau diacuhkan sama sekali. Mungkin karena dirasa kurang penting, sehingga hal ini tidak pernah kita lakukan. Padahal banyak sekali penjahat cyber yang sengaja mengirimkan malware atau virus untuk mengunci bahkan menghapus file kita.

Backup sekarang bisa dilakukan secara online ke cloud, sehingga kita tidak usah repot-repot membackp lewat PC atau laptop. Tetapi alangkah lebih baiknya jika kita juga membackup data kita ke penyimpanan eksternal jika suatu saat cloud sedang tidak bisa diakses sehingga kita kehilangan data kita

Update Semua Aplikasi dan OS Kita

Seringkali saat handphone kita menanyakan untuk mengupdate OS atau aplikasi, akan kita diamkan atau malah kita bilang tidak. Padahal update sendiri biasanya dilakukan developer untuk menutup bug dan celah-celah yang bisa dimasuki oleh para penjahat cyber untuk masuk ke handphone kita. Prioritaskan update OS untuk menjaga handphone kita dari kejahatan cyber.

Jika dirasa merepotkan, updatelah saat kita mau tidur atau saat kita sedang tidak menggunakan handphone agar kita tidak merasa terganggu dan handphone bisa diupdate tanpa interupsi.

Gunakan Antivirus dan Anti-Malware

Antivirus dan Anti-Malware dapat menjadi penjaga gerbang dari masuknya hal-hal yang tidak diinginkan di dunia maya. Walaupun kita sudah update OS dan aplikasi, penjahat cyber tentu akan terus mencari celah untuk memasuki handphone kita. Dengan menginstal Antivirus dan Anti-Malware, kita akan mendapatkan proteksi lebih dari mereka. Antivirus dan Anti-Malware juga bisa mendeteksi apakah ada aktifits aneh di handphone kita, dengan begitu kita dapat langsung mengantisipasinya.

Jangan Umbar Identitas

Mungkin ini salah satu peraturan tidak tertulis yang ada di dunia maya. Jangan pernah umbar identitas apalagi yang sensitive seperti kartu identitas atau kartu bank. Hal ini untuk mencegah pencurian uang lewat dunia maya.

Sangat disarankan juga untuk tidak terlalu mengumbar foto anak-anak terutama balita. Karena banyak sekali modus-modus penculikan berdasarkan ini. Kurangi juga membagi jadal kita, anak-anak, maupun orang terdekat kita untuk mencegah penjahat cyber mengetahui pola hidup kita.

Jika memang ingin share, atur privasi agar hanya orang terdekat kita saja yang dapat melihat

Periksa Message dan SMS

Pernah mendapatkan sms atau chat yang isinya tidak jelas atau bahkan memberikan link ke sebuah situs? Atau tiba-tiba kita mendapatkan pesan bahwa kita memenangkan suatu undian? Hati-hati dengan pesan semacam ini. Bisa jadi link tersebut menggiring kita agar membuka situs-situs berbahaya yang mengancam keamanan kita. Blok dan laporkan nomor tersebut agar kita terhindar dari kejahatan dunia maya.

Ganti Password secara Rutin

Banyak dari kita yang menggunakan password yang sama selama bertahun-tahun dan tidk pernah menggantinya. Dan password tersebut digunakan di hampir di seluruh akun sosial media dan bahkan mungkin perbankan.

Hal ini tentu sangat tidak disarankan demi keamanan. Sebaiknya memang password diganti secara berkala seperti 6 bulan atau setahun sekali, dan juga jangan menggunakan password yang sama di di berbagai media sosial bahkan perbankan.

Usahakan password bukan tanggal lahir atau nama karena akan sangat mudah ditebak

Gunakan Two-Factor Authentication jika Perlu

Cara ini digunakan agar saat login dengan perangkat baru, kita akan dikirimkan pin tambahan ke handphone kita untuk login. Cara ini tentu lebih aman karena apabila ada seseorang yang ingin login misalnya ke email kita, maka dia harus mempunyai akses juga ke handphone kita untuk pin tambahan selain username dan password. Tentu hal ini sulit dilakukan oleh penjahat cyber dan membuat akun kita jauh lebih aman.

Dan yang paling penting adalah waspada dari diri kita sendiri sebagai pengguna smartphone dan internet agar kita jauh dari kejahatan cyber. Periksa kembali jika memang dirasa ada yang mencurigakan.

Apakah masih ada tips yang belum disampaikan? Komentar dibawah ya!

Comments
To Top