Tips & trik

Ingin Maksimalkan Pencarian Google-mu ? Pakai Tips Ini!

Google memang tempat kita mencari berbagai hal. Mulai dari belanja, info, hingga apapun yang ingin kita cari, biasanya kita search di Google terlebih dahulu. Namun, walaupun sudah menjadi bagian dari kehidupan online kita, seringkali kita tidak menemukan apa yang kita cari. Jika ada pun, biasanya berada pada halaman jauh dari halaman utama.

Ternyata sebagian besar pengguna Google masih mencari dengan cara yang tidak optimal, sehingga hasil pencarian pun tidak maksimal. Bagaimana caranya agar pencarian Google kita maksimal?

Gunakan Strip (-) atau Garis Hubung

Jika kita ingin mencari kata yng mempunya d2 atau lebih arti, kita hunakan tanda strip agar Google bisa membedakan mana yang kita cari dan mana yang tidak. Misalnya kita mencari binatang kijang, agar tidak keluar hasil pencarian mengenai merek mobil, kita gunakan strip. Contoh Kijang-Binatang agar bisa dibedakan dari kijang-mobil

Gunakan Quote (“”) atau Tanda Kutip

Jika kita ingin mencari kata spesifik dan tidak ingin ditujukan pada laman tidak spesifik, maka gunakanlah quote alias tanda kutip. Dengan tanda kutip ini Google akan mencari secara spesifik kata tersebut dengan urutan yang kuta gunakan. Misalnya kita akan mencari “Juara Piala Presiden 2017”, maka Google akan mencari kata tersebut tanpa dipisah dan sesuai urutan.

Mencari Koran Berita Lama

Jika kita membutuhkan berita lama bahkan yang sudah berusia ratusan tahun, Google memiliki arsip untuk itu. Cukup search news.google.com/newspapers, maka disini kita akan mendapatkan akses ke semua koran yang sudah di scan oleh Google bahkan dari tahun 1800 lho! Bayangkan berapa banyak info yang bisa kita akses disini. Bagi yang memerlukan bahan penelitian, fitur ini sangat berguna. Namun memang, hanya koran internasional saja yang bisa diakses dan belum koran nasional.

Mencari Gambar di Google Image

Seringkali saat kita penasaran siapa artis yang ada di suatu foto atau gambar dan kita penasaran ingin tahu siapa dia, kita bisa menggunakan Google untuk mencarinya. Lho bukannya Google harus menggunakan keyword? Keywordnya apa kalo kita mencari dari gambar?

Nah sekarang Google memiliki fitur yaitu Google Search Image dimana kita bisa mencari gambar di dunia maya dengan menggunakan gambar yang kita punya.

Caranya pilih pergi ke https:/reverse.photos di browser handphone seperti Chrome, lalu drag gambar atau upload gambar tersebut. Google akan mencari gambar dan informasi yang mendekati gambar tersebut. Usahakan gambar tersebut berkualitas baik ya agar Google lebih mudah mencarinya.

Nah demikianlah beberapa tips agar pencarian Google kita semakin optimal dan kita mendapatkan hasil yang maksimal juga. Apakah ada cara yang belum disebutkan disini? Komentar dibawah ya!

Comments
To Top