Berita

“Ganggu” Chromebooks, Apple Luncurkan iPad Murah

Apple mengumumkan akan menggelar acara peluncuran iPad terbaru pada 27 Maret mendatang di Chicago, Amerika Serikat. iPad yang diluncurkan ini akan dibanderol dengan harga terjangkau, karena dibuat khusus untuk sektor pendidikan.

Karena harganya yang murah, iPad ini cocok digunakan oleh para pelajar dan pengajar dalam melakukan segala aktivitas pendidikannya.

Peluncuran iPad murah ini disebut-sebut sebagai rencana Apple untuk “mengganggu” Google Chromebooks dan tablet Android, yang memang selama ini mendominasi pasar perangkat khusus pendidikan.

Seperti dilansir dari GSMArena, pasar perangkat edukasi atau pendidikan cukup menggiurkan, yakni bernilai sekitar USD 17,7 miliar atau sekitar Rp 243,9 triliun.

Sementara Google, menguasai hampir 60% pangsa pasar, sehingga wajar saja Apple ingin mencoba “peruntungan” di pasar ini sekaligus mengganggu dominasi Google dan platform Android-nya.

Untuk harganya sendiri, iPad murah ini hanya dibanderol sekitar €399 atau sekitar Rp 6,7 jutaan dengan besaran ROM 32GB. Memang masih cukup mahal jika dibandingkan perangkat Chromebook yang dijual oleh Asus, Samsung dan Acer yang dihargai di bawah USD 300 atau Rp 4,7 jutaan.

Selain iPad murah khusus pendidikan, Apple juga berencana untuk meluncurkan seri Mac berharga murah yang juga menargetkan para pengajar dan juga pelajar. Namun masih belum ada informasi apakah Apple akan meluncurkannya bersamaan dengan iPad atau tidak.

Comments
To Top