Android bisa dibilang system operasi handphone sejuta umat. Banyak yang memilih android karena pemakaiannya mudah dan seperti tidak terikat. Dengan banyaknya pengguna di dunia, tentu akan semakin banyak bahaya yang mengintai. Virus dan malware adalah salah satu bahaya yang selalu menyusup setiap celah keamanan android. Salah satu celah yang sering disusupi adalah lewat aplikasi-aplikasi gratis yang sumbernya tidak dapat diverifikasi.

Advertisement

Sering kali aplikasi ini memancing kita untuk mendownloadnya dan ternyata sudah disusupi oleh malware. Agar kita semakin waspada, inilah tanda-tanda aplikasi yang membawa malware

Tidak Ada di Playstore

Memang tidak semua aplikasi yang tidak ada di playstore itu berbahaya. Karena bisa saja aplikasi tersebut tidak tersedia karena batasan wilayah atau proximitas costumer service. Namun kita harus berhati-hati karena tidak semua app market atau tempat download APK itu aman. Apalagi jika kita mendownload dari iklan pop up yang tidak jelas sumbernya, misalnya iklan aplikasi tembus pandang atau semacamnya. Bisa saja iklan tersebut pancingan untuk mendownload aplikasi gratis yang mengandung malware

Review Tidak Jelas atau Tidak Bagus

Biasanya saat kita akan mendownload aplikasi, pastikan membaca dulu reviewnya. Kenapa demikian? Karena dalam review ini terdapat pendapat-pendapat user lain yang sudah mendwonload aplikasi ini. Kita bedakan mana review asli dan mana review bohongan. Jika aplikasi ini memiliki malware, tentu akan banyak review buruk untuk aplikasi ini, atau malah tidak ada review sama sekali untuk menutupi.

Deskripsi Aplikasi

Setelah Melihat review, kita juga harus memeriksa deskripsinya dulu. Pihak developer pasti memberikan deskripsi aplikasi secara jelas dan lengkap jika memang aplikasi tersbut adalah benar, bukan aplikasi abal-abal pembawa malware. Deskripsi ini juga tempat kita memeriksa apakah ini benar aplikasi saat belum aada review. Karena memang bisa saja aplikasi ii baru diluncurkan sehingga belum direview.

Request Berbagai Akses

Aplikasi akan meminta akses untuk menggunakan berbagai fitur android sesuai fungsinya saat kita pertama kali menggunakannya setelah selesaai download. Misalnya aplikasi kamera akan meminta akses ke kamera dan galeri agar bisa berfungssi sebagai mana mestinya. Namun, aplikasi-aplikasi pembawa malware akan meminta akses ke berbagai fitur yang seringkali bukan fungsinya. Misalnya aplikasi kamera meminta akses untuk masuk konfigurasi atau ke buku telepon. Tentu hal ini bukan kegunaannya dan sangat mencurigakan.

Biasanya aplikasi bila tidak diberi akses maka aplikasi tersebut akan memberitahu bahwa setting untuk memberi akses bisa dilakukan nanti dan akan tetaap berjalan, walaupun tidak sempurna. Namun aplikasi pembawa malware akan memaksa terus menerus meminta agar kita memberikan akses ke fitur-fitur yang mereka inginkan.

Jika terjadi seperti diatas maka segera hapus aplikasi tersebeut karena dikhawatirkan membawa malware.

Demikianlah tips-tips yang bisa kita pakai jika kita ingin tahu tanda-tanda aplikasi yang membawa malware. Sangat disarankan untuk mendwonload aplikasi lewat Google Play dan App Marke yang terpercaya saja.

Apakah ada tanda-tanda yang belum disebutkan? Komentar diatas ya!