Samsung baru saja meluncurkan duo Samsung Galaxy S9 dan S9+ beberapa waktu lalu. Namun itu tak membuat Samsung menunda pengembangan Samsung Galaxy Note 9.

Advertisement

Dikabarkan, perusahaan asal Korea Selatan ini tengah mengembangkan firmware untuk Galaxy Note 9. Total, ada dua firmware Galaxy Note 9 dengan nomor versi N960FXXE0ARB7 dan N960FXXU0ARC5 yang sedang dikembangkan dan diuji Samsung.

Dilansir dari Sammobile, kemungkinan pada firmware itu Samsung akan menyematkan teknologi sensor sidik jari dalam layar untuk pertama kalinya pada smartphone andalannya tersebut.

Sebelumnya, analis dari KGI Securities, Ming-Chi Kuo juga telah memprediksi jika Samsung Galaxy Note 9 akan memiliki sensor fingerprint yang akan terintegrasi langsung dengan layar, yang kemungkinan besar masih menggunakan desain Infinity Display.

Hal ini menimbulkan anggapan jika Samsung Galaxy Note 9 mungkin akan diperkenalkan menjelang akhir tahun. Itu karena Samsung selalu melakukan pengembangan dan pengujian firmware smartphone-nya setidaknya 4 sampai 5 bulan sebelum smartphone andalannya itu dirilis.

Misalnya saja Samsung Galaxy Note 8 yang diluncurkan pada 23 Agustus tahun lalu. Bocoran mengenai pengembangan dan pengujian firmware-nya terungkap pada 6 April 2017 atau kira-kira 4 bulan sebelum phablet itu diluncurkan.

Begitupun dengan duo Samsung Galaxy S9 dan S9+ yang diluncurkan pada 25 Februari lalu. Kabar soal pengembangan firmware-nya telah muncul sejak akhir September tahun lalu atau 5 bulan sebelum Samsung menggelar acara peluncuran smartphone andalan barunya itu.

Jadi dengan perbandingan tadi, kemungkinan Samsung galaxy Note 9 akan dipamerkan pada akhir Juli atau pertengahan Agustus mendatang.