Telkomsel telah ditunjuk menjadi official mobile partner di ajang Asian Games 2018. Operator seluler terbesar di Tanah Air itu mengaku akan habis-habisan mempekuat jaringannya di perhelatan olah raga terbesar tingkat Asia tersebut.

Telkomsel menyatakan telah memastikan pengamanan kualitas dan kapasitas jaringannya untuk menjamin kapasitas dan jangkauan layanannya untuk para peserta Asian Games 2018, mulai dari atlet, official, maupun panitia penyelenggara.

“Kami akan mengerahkan kemampuan terbaik kami untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games, mulai dari Bandara saat peserta datang, di venue dan juga tempat penginapan,” terang Nugroho Adi Wibowo, General Manager Network Engineering and Project Jabotabek Jabar, di acara Media Gathering di Legian, Bali, Selasa (20/3/2018).

Ia menuturkan, penguatan jaringan tak hanya untuk layanan voice saja, tapi juga broadband. Bahkan, dia mengklaim Telkomsel akan memberikan kualitas yang lebih baik dari penyelenggaraan Sea Games di Malaysia pada tahun lalu.

“Kita akan memberikan broadband yang lebih baik daripada di Malaysia tahun lalu, yang juga menjadi harapan dari Inasgoc (Indonesian Asian Games 2018 Organizing Comittee),” katanya.

Untuk mewujudkannya, Telkomsel mengaku telah melakukan berbagai persiapan, seperti pemasangan jaringan broadband di kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Selain itu, Telkomsel juga telah melakukan beberapa uji coba di event-event besar yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, seperti misalnya final Piala Presiden beberapa saat lalu.

“Saat Piala Presiden lalu, kita sudah bisa melayani live streaming dengan mulus saat stadion GBK dipenuhi sekita 80.000 penonton. Tidak ada kendala yang berarti,” pungkasnya.

Adi mengungkapkan, kecepatan broadband di area kompleks GBK bisa menembus 351 Mbps, tepatnya di lokasi Pintu Utara. Kecepatan itu diklaim karena Telkomsel sudah menggunakan teknologi 4G dual-carrier (FDD dikombinasikan dengan TDD) yang digunakan untuk jaringan outdoor.

Sedangkan untuk area VVIP di lantai 3di GBK, Telkomsel menggunakan teknologi MIMO (multiple input multiple output) FDD.

Untuk lantai 3 ruang VVIP GBK yang biasa digunakan tamu-tamu negara menonton pertandingan, kecepatan broadband mencapai 259 Mbps,” jelasnya.