Sebagai perusahaan BUMN, Telkom sepertinya memiliki keinginan untuk memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk terus berkembang. Hal ini terlihat dari usaha yang dilakukan Telkom selama dua tahun belakangan.

Advertisement

Salah satunya dengan menggelar pameran Craft Indonesia untuk kedua kalinya.

Jika tahun lalu Telkom mentargetkan Rp10 miliar selama empat hari pameran. Tahun ini Telkom menargetkan Rp20 miliar, selama pameran berlangsung, 22  hingga 25 Maret 2018.

Menurut Alex J Sinaga, Direktur Utama Telkom Indonesia, target transaksi tersebut naik dua kali lipat dari tahun lalu. Melihat animo masyarakat terhadap produk lokal begitu besar, Alex pun yakin bahwa target bisa tercapai.

Mengingat Tahun ini Craft digelar dengan menghadirkan 400 UMKM, berbeda dari tahun lalu.yang hanya diikuti 126 UMKM.

Alex mengatakan, target transaksi tersebut naik dua kali lipat dari tahun lalu.

“Telkom Craft pertama transaksi Rp10 miliar tahun ini yang kedua kalinya senilai Rp20 miliar,” kata dia di Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Menurut Alex, UMKM yang dibina BUMN, tidak hanya dari Telkom, namun dari UMKM BUMN lainnya. UMKM ini dibina dan disiapkan masuk ke online. Nah UKM yang hadir pada Telkom Craft dibantu go online. Untuk go online dimasukan ke Blanja.com.

Tidak hanya itu, menurut Alex, para UMKM ini juga dibantu go modern, go digital dan go online. Go online ranahnya Blanja.com, go digital Telkom dan go modern semua BUMN terlibat.

“Supaya bisa masuk ke online, Rumah Kreatif disiapkan coworking space,  mereka bisa bantu UMKM di disain. Sehingga program bisa meningkatkan kemampuan,” tutur Alex.

Alex menambahkan, kesuksesan acara ini akan menjadi landasan perusahaan plat merah menggelar acara serupa. Harapannya agar UMKM mampu bersaing dan maju ke pasar global

Sementara itu, Rini M Soemarno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  berharap sinergi BUMN untuk membangun negeri melalui UMKM dapat lebih ditingkatkan.

“Bahwa produk-produk UMKM kita kelihatan betul makin berkualitas dan tentunya  Telkom bersama dengan BUMN-BUMN lain bersinergi untuk dapat bersama-sama kita meningkatkan kemampuan UMKM kita,” tutup Rini.