Jika biasanya kita melihat Google dan Apple bertingkah layaknya sepasang saingan, kali ini kedua raksasa tersebut malah kompak menjalin kerjasama yang begitu menarik! Belum lama ini layanan Google Search yang dimiliki oleh Google baru saja dihadirkan di dalam layanan iMessage milik Apple. Menarik bukan?

Advertisement

Dengan integrasi yang dibuat antara Google dan Apple ini, kini kita bisa langsung melakukan pencarian melalui aplikasi pesan singkat Apple, iMessage.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Caranya cukup mudah. Dengan menggunakan ekstensi Google Search pada iMessage, pengguna cukup mengetikkan sebuah kata kunci di kolom pencarian atau bisa melakukan pencarian umum seperti informasi cuaca, makanan, unit bisnis di sekitar berita terbaru ataupun video.

Setiap melakukan sebuah pencarian, ekstensi ini juga menyediakan fitur Share, dimana pengguna bisa langsung membagikan berbagai hal yang dicarinya dengan sangat cepat dan mudah.

Pencarian Google di iMessage ini juga menawarkan sebuah mesin pencarian GIF dimana pengguna juga bisa mencari berbagai GIF yang berasal dari situs seperti Giphy ataupun Tenor dengan sangat mudah.

Selain fitur ini, Google juga menambahkan fitur baru lainnya di dalam sistem operasi milik Apple. Khusus bagi pengguna sudah menggunakan perangkat iPhone atau iPad yang berjalan dengan sistem operasi iOS 11, maka mereka juga akan bisa melakukan drag dan drop teks, gambar dan link dari dan ke aplikasi Google. Jadi, jika pengguna ingin membagikan sebuah gambar dari halaman yang ditemukannya di pencarian Google, maka mereka hanya perlu menekan lama gambar tersebut dan melepasnya di aplikasi iMessage ataupun aplikasi lainnya.