Ada kabar gembira bagi penggemar fanatik produk Apple, atau biasa dipanggil Apple Fanboy. Rumornya, minggu depan perusahaan asal Cupertino ini bakal merilis IPad Pro anyar.

Advertisement

Dari sisi desain, Apple meminimalkan bezel di sekitar iPad Pro 10,5 inci ketika diluncurkan awal tahun ini, lalu menyingkirkan bezel sepenuhnya pada iPhone X yang baru. Kemungkinan iPad Pro tahun ini punya desain mirip iPhone X, alias menyingkirkan batasan atau bezel di sekitar layarnya, ditambah fitur pemindai ID Wajah dan lainnya yang terlihat di iPhone X.

Walau belum ada info resmi bentuk dan spesifikasi jeroannya, tapi rumor tentang iPad Pro 2018 sudah banyak beredar.

Menurut halaman digitaltrends, Kamis (22/3/2018), ada kemungkinan iPad anyar dirilis sedikit lebih cepat dari yang diperkirakan. Apple telah mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan acara mengenai pendidikan khusus pada 27 Maret, yang bisa jadi merupakan acara peluncuran produk mereka.

Pastinya, Apple belum mengkonfirmasi ini karena mereka memang jarang memberikan detail tentang produk yang akan dirilis. Jika ternyata iPad tidak dirilis minggu depan, mungkin produk ini diluncurkan pada Konferensi Pengembang Seluruh Dunia, yang dimulai pada 4 Juni di San Jose, California.

Sementara itu, iPad Pro 2018 diprediksi punya tampilan mirip dengan iPhone X, tak punya tombol home dan mengecilkan bezel, namun tidak diberi notch di atas layar kontroversial seperti iPhone X.

Render alias gambar atau foto rekaan iPad Pro anyar sudah dibuat dan dibagikan di Twitter. Walaupun bukan desain resmi, atau bahkan kebocoran, tetapi bisa menjadi kemungkinan arah desain Apple untuk iPad yang terinspirasi iPhone X.

Dari render itu, bezelnya tidak seperti iPhone X. Tidak ada tombol home, perlengkapan iPad sejak diluncurkan.

Tidak jelas di mana letak kamera ID Wajah atau sensor lainnya. Tapi bentuk dan desain panel belakang yang ditunjukkan pada render itu serupa dengan model iPad saat ini.

ID Wajah menggantikan TouchID pada iPhone X, dan mungkin akan menjadi fitur pada model iPad Pro 2018. Rumor yang mengutip sumber anonim mengatakan bezels pada iPad anyar bakal lebih ramping dan menerapkan teknologi FaceID. Menghapus tombol home , kata sumber itu, bertujuan untuk mengecilkan bezel.

iPad 2018 yang dilengkapi FaceID diperkirakan memiliki ukuran layar yang serupa dengan iPad Pro 10,5 inci, meskipun bodinya mungkin lebih kecil karena bezel menipis. Sayangnya, layar OLED kemungkinan absen pada iPad anyar karena kendala pasokan untuk panel OLED ukuran besar.

Sebelumnya, analis KGI Securities Ming-Chi Kuo menulis catatan kepada investor bahwa iPad Pro 10,5 inci dan 12,9 inci akan memiliki pengalaman Face ID seperti iPhone X.  Face ID menggunakan sensor saraf untuk memetakan kontur dan bentuk wajah secara real time.

Sensor itu bisa berdaptasi dengan perubahan gaya rambut, topi atau janggut dan bisa bekerja dalam gelap. Dengan fleksibilitas itu, Apple menyatakan hanya ada kemungkinan satu berbanding sejuta seseorang dapat menghindari sistem ini, jauh dibandingkan dengan peluang 1: 50.000 dengan Touch ID.

Tak hanya itu, Apple mungkin memperbarui pensil stylus mungkin di iPad 2018. Fitur nyata itu akan lengkap dengan perangkat lunak baru, walaupun belum diketahui secara lebih rinci.