Memenuhi kebutuhan masyarakat di negara berkembang, Facebook juga mengembangkan aplikasi yang sangat ramah kuota dan ramah sinyal. Aplikasi ini bahkan diklaim bisa berjalan pada jaringan 2G untuk mengakses setiap layanan dari Facebook.

Hadir sebagai versi ringan, tidak menunjukkan aplikasi ini tidak memiliki kinerja tinggi. Bahkan, salah satu kelebihan aplikasi ini, kamu bisa mengunduh video dari Facebook dengan Facebook Lite tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga lagi.

Cara Download Video Dari Facebook Lite Tanpa Aplikasi

  1. Buka aplikasi Facebook Lite yang telah terpasang di perangkat dengan menggunakan akun yang kamu miliki.
  2. Cari video yang ingin kamu unduh, untuk lebih mudah kamu bisa mencari pengguna yang membagikan video tersebut dengan memasukan keyword pencarian melalui kolom pencarian di tab dengan ikon kaca pembesar.
  3. Setelah video ketemu, selanjutnya putar video tersebut hingga selesai.
  4. Jika sudah selesai, kamu bisa keluar dari aplikasi Facebook Lite, kemudian buka File Manager yang terinstal di perangkat yang kamu gunakan.
  5. Masuk ke dalam folder Android, pilih data, pilih com.facebook.lite, masuk ke folder cache, kemudian terakhir masuk ke video.
  6. Dalam folder video, kamu akan menjumpai banyak folder yang merupakan penyimpanan sementara dari video yang telah ditonton.
  7. Karena nama foldernya aneh-aneh, kamu bisa lihat tanggal dan jam untuk menentukan folder mana yang berisi video terakhir ditonton.
  8. Jika sudah, masuk ke folder tersebut, kemudian ubah nama file 0000000000000000 dengan menambahkan .mp4 di belakangnya, menjadi 0000000000000000.mp4.
  9. Setelah mengubah nama file tersebut, kamu dapat memindahkan file, kemudian memutarnya secara berulang-ulang sampai kamu bosan.

Layanan Facebook Lite memang sangat cocok bagi pengguna dengan kondisi sinyal yang cukup memprihatinkan. Kita masih dapat menikmati layanan Facebook meskipun dalam kondisi sinyal minim atau tidak stabil dengan menggunakan aplikasi ini.

Meskipun demikian, ada satu hal yang bisa dilakukan oleh aplikasi ini, yaitu mengunduh video di Facebook tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan lain. Namun, tentu saja bukan berarti kamu akan langsung menemukan tombol download atau unduh di aplikasi tersebut.

Sama seperti aplikasi lainnya, Facebook Lite juga menggunakan sistem cache untuk mempercepat setiap prosesnya. Oleh karena itu, saat pengguna sedang menonton video melalui Facebook Lite, aplikasi ini sebenarnya juga mengunduh video tersebut dan menyimpannya sebagai data cache.

Jadi, dengan mudah kita dapat menyimpan data cache tersebut, kemudian kita bisa menikmatinya secara berulang-ulang.