Sebagai usaha mikro kecil dan menengah yang ingin mengembangkan usaha bisnisnnya, mereka kerap dihadapkan dengan kesulitan dalam mengakses layanan digital.

Advertisement

Untuk mengurai hal itu, Tele Utama Nusantara (TUN) menjanjikan membantu kalangan UMKM mengembangkan usaha secara cepat dan efektif dengan menghadirkan Teleshop.

Sejumlah kebutuhan konsumen dapat dilayani Teleshop seperti pembayaran listrik, PDAM, Telepon, Leasing, pay tv, BPJS, pembelian pulsa, paket data, voucher game juga tiket kendaraan seperti, pesawat, kereta api dan Pelni.

Slamet Riyadi, CEO TUN menjelaskan bahwa, Teleshop merupakan layanan yang akan mendigitalisasikan pelaku UMKM di tanah air untuk dapat mengakses ekonomi digital secara optimal.

“Dengan layanan Teleshop, UMKM siap beralih menjadi e-UMKM atau UMKM elekteonik. Teleshop menawarkan solusi berbasis teknologi, UMKM yang menjadi mitra Teleshop atau Sobate, sebutan untuk mitra Teleshop,”ujar Slamet di Jakarta (12/03/18).

Lebih jauh Slamet menjelaskan, sebagai platform berbasis aplikasi Android, Teleshop cukup mudah digunakan. Teleshop layanan PPOB (payment poin online bank) yang memungkinkan UMKM  yang menjadi Sobate Teleshop, mentransaksikan lebih banyak produk. Termasuk produk digital, mengingat fungsi platform online to offline yang membuat 25 ribu Sobate Teleshop melayanii konsumennya.

“Sejauh ini mereka dapat memberikan layanan transaksi digital kepada konsumen mereka,” tutur Slamet lagi.

Slemet menambahkan, 25 ribu mitra UMKM pengguna Teleshop tersebar di Jawa, Madura, Bali, nusa Tenggara, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan Papua.

Kedepannya Teleshop akan memperkuat ekosistem digitalnya dengan menyasar sektor UMKM yang belum terjamah perbankan seperti pedagang voucher, warung-warung kecil, gerobak kaki lima dan koperasi sekolah.