Apps

Baru Digulirkan, Snapchat dan Instagram Sepakat Hapus GiF, Ini Alasannya

Instagram dan Snapchat belum lama menyematkan berbagai efek-efek lucu, stiker, atau coretan tangan, dengan meluncurkan fitur gambar GIF yang bisa dibubuhkan guna mempermanis Storiesnya.

Namun baru saja hadir di kedua layanan itu kini dikabarkan keduanya menarik kembali fitur GIF dari platformnya. Penarikan fitur GIF milik Giphy ini dilakukan setelah sejumlah pengguna menemukan adanya gambar bergerak GIF yang bersifat rasis.

Seperti dilansir Mashable, pihak Snapchat segera setelah mengetahui hal itu, dan menonaktifkan fitur GIF.

Pihak Instagram pun melakukan hal.yang sama. Instagram, segera menghilangkan opsi GIF yang selama ini ada pada layanan Instagram Storiesnya. Ketika dikonfirmasi, Instagram menyatakan hal serupa dengan Snapchat.

Perusahaan mengonfirmasikan perubahan tersebut, tapi hingga saat ini Instagram belum menyebarluaskan hal ini pada seluruh penggunanya.

Juru bicara Snapchat mengatakan, semua GIF di Snapchat seharusnya memiliki rating parental guide atau bimbingan orangtua. Artinya, GIF yang disajikan di platform  sesuai dengan anak usia 13 tahun ke atas, atau mereka yang boleh memiliki akun di Snapchat.

Penarikan fitur GIF di Instagram dan Snapchat adalah GIF yang menghadirkan kata-kata bernada rasis.GIF tersebut hadir dengan kata-kata kurang pantas.

Ketika dikonfirmasi, pihak Giphy pun memberikan jawabannya. Menurut mereka, adanya konten rasis ini ditemukan pertama kali oleh seorang pengguna. Itupun langsung duhapus sesuai dengan panduan konten di Giphy.

Pihak Giphy melalui panduan komunitasnya melarang keras adanya konten rasis. Namun, karena Giphy merupakan user generated content seperti halnya mesin pencari, kesalahan semacam ini sangat mungkin terjadi.

Saat ini menurut Giphy, staf mereka tengah meninjau seluruh stiker GIF dan peninjauan bakal selesai sebentar lagi, dan dilaporkan bahwa penarikan fitur GIF ini bersifat sementara.

Comments
To Top