WhatsApp telah meluncurkan versi WhatsApp Business sejak beberapa bulan lalu. Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis ini dirancang untuk pelaku usaha kecil.

Dengan adanya WhatsApp Business, pelaku usaha dapat dengan mudah berkomunikasi dengan pelanggan lebih mudah dan cepat. Fitur-fitur yang terdapat pada WhatsApp Business antara lain: menyortir, otomatisasi pesan, merespons pesan dengan cepat. Lalu, bagaimana cara menggunakan WhatsApp Business?

Advertisement

Terlebih dahulu, download WhatsApp Business di toko aplikasi ponsel, setelah pengunduhan selesai pengguna bisa mulai dengan membuka aplikasi. Kemudian klik tombol ‘Agree and Continue’ yang berisi persyaratan menggunakan aplikasi tersebut.

Masukan nomor ponsel yang ingin didaftarkan, setelah itu sistem akan secara otomatis mengirim dan mendeteksi kode verifikasi yang dikirim melalui pesan singkat.

Berikutnya, pengguna dapat menuliskan nama usaha/bisnis dan memilih profil poto. Perlu diingat, pengguna tidak dapat merubah nama bisnisnya di lain kesempatan.

Sampai tahap ini, pengguna sudah dapat menggunakan WhatsApp Business, selanjutnya pengguna juga bisa merubah keterangan mengenai bisnis. Caranya ialah dengan menuju ke menu Settings – Business Settings.

Didalam menu Business Settings, pengguna akan disuguhkan pilihan untuk menuliskan kategori bisnis, deskripsi, alamat, dan jam bisnis.

Fitur lain yang sangat menarik ialah adanya kemampuan membalas cepat atau quick replies. Fitur ini memanfaatkan kata kunci yang telah pengguna atur.

Bagaimana cara kerja balas cepat WhatsApp Business? Buka menu Settings – Business Settings – Quick Replies. Secara default, aplikasi sudah memiliki satu quick replies, yakni /thanks.

Jika pengguna ingin menambah lebih dari satu quick replies, caranya cukup mudah. Didalam menu Quick Replies, pilih ‘add quick reply’ lalu tuliskan satu kata kunci, ‘pesan’ kemudian save.

Secara otomatis, jika pelanggan mengirimkan kalimat yang memiliki kata kunci ‘pesan’ maka sistem akan menjawab dengan kalimat yang sudah pengguna atur.