Setelah meluncurkan beberapa seri baru pada awal bulan Januari di ajang CES 2018 lalu, Sony menepati janjinya untuk menghadirkan seri baru di ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol.

Advertisement

Seperti yang sudah di sebutkan, Sony akhirnya menghadirkan Xperia XZ2 dan XZ2 Compact Hari ini.

Diberitakan Android Authority, spesifikasi yang dimiliki oleh keduanya sama seperti yang telah dibocorkan sebelumnya. Sony Xperia XZ2 memiliki ukuran layar 5,7 inch beresolusi Full HD+ dan HDR. Karena mengusung desain layar penuh, aspek rasionya kini 18:9.

Sementara untuk Xperia XZ2 Compact layarnya berukuran 5,0 inch dan memiliki aspek rasio 18:9 serta resolusi Full HD+ dan HDR.

Sementara baterainya, Xperia XZ2 memiliki kapasitas yang lebih besar yakni 3.180 mAh, dibandingkan dengan  Xperia XZ2 Compact yang sebesar 2.870 mAh.

Xperia XZ2 akan menggunakan kaca 3D pada kedua sisi frame aluminiumnya dengan bagian depan yang menawarkan screen-to-body ratio lebih tinggi dibandingkan Xperia generasi sebelumnya. Smartphone ini juga bakal diotaki CPU Snapdragon 845 yang menjadi kebanggaan Qualcomm.

Seperti Xperia XA2 dan XA2 Ultra yang hadir di CES 2018, kedua smartphone terbaru Sony ini memiliki sensor fingerprint di bagian belakang, bukan lagi di tombol power. Speaker stereo S Force juga akan menghiasi wajah depan Xperia XZ2 dengan sistem feedback yang dapat melakukan sinkronisasi getaran ke suara.

Untuk kamera,  Sony menyematkan kamera utama 19 megapiksel dengan sensor Exmor RS berukuran 1/2.3 inch. Kemudian kamera di bagian depannya adalah 5 megapiksel berukuran 1/5 inch yang juga menggunakan sensor Exmor RS.

Untuk membedakan keduanya secara kasat mata, desain bagian belakang masing-masing smartphone dibuat berbeda di mana Xperia XZ2 memiliki kamera utama sedikit ke bagian tengah, di atas sensor pemindai sidik jari. Kemudian di atasnya tersemat lampu flash sebagai pencahayaan.

Sedangkan Xperia XZ2 Compact memiliki kamera yang sedikit berada di atas, dan posisi lampu flash bergeser ke sisi kanan ponsel. Posisi sensor pemindai sidik jarinya tak berbeda jauh dari Xperia XZ2.

Sony Xperia XZ2 dan Xperia XZ2 Compact dibekali fitur tahan air berkat sertifikasi IP65/IP68. Kedua smartphone ini telah menjalankan sistem operasi Android Oreo 8.0.

Sony Xperia XZ2 dan XZ2 Compact akan mulai tersedia pada Maret mendatang di beberapa negara. Namun untuk harga Sony masih merahasiakannya.