Apple hari ini merilis update iOS 11.3 Beta 2 untuk pengguna di Apple Developer. Salah satu fitur baru yang sangat dinantikan beberapa waktu ini akhirnya hadir. Yaitu mode untuk memantau Battery Health dan informasi bahwa CPU yang ada di perangkat iPhone sedang diturunkan karena baterai bermasalah.

Bagaimana cara mengakses mode Battery Health? Dikutip dari laman sumber berita, fitur ini ada di Settings – Battery – Battery Health (Beta). Pengguna akan melihat informasi kesehatan baterai yang artinya kapasitas maksimum yang masih dapat digunakan dari kondisi 100%.

Advertisement

Located in the Battery section of the Settings app, the new Battery Health feature tells you the maximum capacity of your battery and whether or not it is operating at peak capacity.

Tampilan Battery Health pada perangkat iOS dengan baterai normal. Image by MacRumors

Selain Maximum Capacity, di bagian Battery Health juga ada fitur Peak Performance Capabilty. Bagian ini berguna untuk menginformasikan apakah perangkat iOS yang kamu gunakan sering mengalami Restart mendadak sebagai tanda bahwa baterai sudah bermasalah.Jika memang baterai dianggap bermasalah, sistem Power Management dari Apple akan dijalankan yaitu CPU di perangkat iPhone akan ditekan alias dikurangi kecepatannya. Namun kamu dapat mematikan mode tersebut dengan menekan teks Disable pada bagian bawah, agar CPU tetap kencang dengan resiko perangkat iOS tetap mengalami Restart karena baterai yang bermasalah.

Tampilan Battery Health pada perangkat iOS dengan baterai bermasalah. Image by MacRumors

Masih dikutip dari laman sumber, fitur Power Management secara default ada dalam posisi mati. Fitur ini akan otomatis berjalan jika mendeteksi perangkat iOS mengalami masalah Restart atau Shutdown mendadak. Daftar perangkat iPhone yang mendukung Power Management adalah iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE, iPhone 7, dan iPhone 7 Plus.Apple juga menjelaskan jika Power Management dinonaktifkan secara manual setelah diaktifkan (otomatis) karena perangkat mengalami Shutdown, maka fitur ini tidak dapat dihidupkan kembali. Fitur tersebut akan kembali aktif jika perangkat iPhone kembali mengalami masalah Restart atau Shutdown karena indikasi masalah baterai.Mengigant masih adanya label Beta di fitur Battery Health pada iOS 11.3 Beta 2, kamu bisa saja menemukan perubahan lainnya pada waktu yang akan datang. Seperti tampilan yang lebih sempurna dan penjelasan fitur lebih lengkap. Kita tunggu saja ya!