Jaman now, mengganti storage iPhone dengan kapasitas yang lebih besar bukan lagi suatu yang sulit atau mustahil dilakukan. Bahkan jauh lebih besar, kamu bisa mengupgrade storage-nya hingga dua kali lipat daripada yang ditawarkan Apple.

Bukan sulap bukan sihir. Ya kamu bisa mengganti storage dengan kapasitas 512GB dengan menggunakan chip storage khusus. Seperti yang baru-baru ini dilakukan teknisi produk Apple asal London, Frederico Cerva terhadap iPhone 7 miliknya.

Dalam video demonya di YouTube, Frederico Cerva menjelaskan bahwa dia menggunakan sebuah chip storage yang sudah terprogram sehingga dia bisa menggantinya dengan kapasitas storage setengah terabyte. Chip storage tersebut disediakan Qianli dan Union Repair.

Frederico dalam videonya mengunjungi sebuah gerai Apple dan bertanya kepada pegawai apakah Apple menjual iPhone dengan kapasitas storage 512GB. Tentu saja sang pegawai menjawab tidak. karena Apple memang tidak menyediakan iPhone dengan opsi storage tersebut.

Di pasaran, model iPhone dengan kapasitas storage paling besar adalah maksimal 256GB. Apple belum menjual iPhone dengan kapasitas storage 512GB karena pastinya ia bakal lebih mahal kalau dirilis.

Prosesnya sendiri cukup panjang dengan peralatan yang sangat memadai dan lengkap. Serta membutuhkan teknik dan keahlian yang tinggi. Sayangnya Frederico tidak menjelaskan berapa harga chip storage 512GB yang didapatkannya tersebut.

Penasaran dengan demo upgrade storage iPhone yang dilakukan Frederico Cerva dan bagaimana reaksi pegawai saat dia memamerkan iPhone miliknya yang punya kapasitas 512GB? Tonton saja videonya di bawah ini:



Mengganti storage iPhone dengan kapasitas lebih besar sebelumnya hanya bisa dilakukan di China. Di negara di mana Apple merakit iPhone itu terdapat banyak toko reparasi yang menyediakan layanan upgrade storage iPhone, misalnya dari 16GB menjadi 128GB.

Apa yang dilakukan Frederico Cerva di atas diklaim sebagai yang pertama di luar China. Lebih mengesankan lantaran sang teknisi berhasil meng-upgrade storage dengan kapasitas jauh lebih besar hingga setengah terabyte.

Source:

Frederico Cerva – YouTube