Di akhir kuartal empat 2017, brand yang identik dengan warna biru rupanya keok oleh rival abadinya, Apple. Sebelumnya, Samsung memang sudah menduduki posisi pertama pada tiga kuartal di 2017.

Prestasi gemilang yang disabet Apple pada Q4 2017 berkat kehadiran tiga produk anyar mereka, yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. iPhone X memang sengaja dipasarkan dipertengahan Q4 untuk melawan Samsung Galaxy Note 8.

Strategi Apple rupanya berhasil menggeser pabrikan asal Jepang, terbukti  pada Q4 Apple berhasil mengapalkan 77,3 juta unit iPhone. Sementara itu, Samsung hanya berhasil menjual 74,1 juta unit smartphone. Menurut data yang terbit di lembaga riset IDC, Apple memiliki market share sebanyak 19,2 persen, dan Samsung hanya 18,4 persen.

Sebelumnya, banyak informasi yang menyebutkan bahwa penjualan iPhone X terbilang buruk. Tim Cook , CEO Apple, memberikan klarifikasi dalam siaran persnya bahwa iPone X merupakan iPhone terlaris setiap pekan sejak pertama kali diluncurkan.

Menurut data dari IDC, posisi ketiga masih ditempati oleh Huawei dengan pangsa pasar sebesar 10,2 persen, kemudian di posisi keempat ada Xiaomi dengan pangsa pasar 7 persen. Posisi kelima ditempati oleh Oppo dengan pangsa pasar 6,8 persen.

Pengapalan smartphone turun di 2017

Pengapalan smartphone di dunia mengalami penurunan yang kecil, jumlahnya hanya kurang dari 1 persen. Di tahun 2017, lembaga riset IDC mengatakan bahwa pengapalan smartphone turun menjadi 1.472  miliar unit – sebelumnya 1.473 miliar unit pada 2016.