Berita

LG Akan Hengkang dari Pasar Ponsel China?

LG dikabarkan bersiap meninggalkan pasar ponsel di China, menurut laporan media lokal setempat. Kabar ini merebak setelah hasil laporan keuangan LG selama 2017 yang diumumkan pekan lalu, menurut laman GSM Arena.

Secara umum, kondisi pendapatan LG Electronics baik, namun, bagian perangkat mobile membukukan kerugian operasional sebesar 192 juta dolar pada kuartal empat akibat persaingan ketat dengan merk dari China, berdasarkan informasi dalam keterangan pers.

Merk ponsel asal China terbukti laku keras di rumahnya sendiri, sehingga LG dikabarkan hanya mampu menjual 160.000 unit sepanjang 2016, dari total pengiriman 480 juta.

Model ponsel perusahaan Korea yang beredar di negara tersebut pun cenderung tidak terkini, misalnya di laman resmi mereka untuk China, mereka menampilkan model G5 yang keluar pada 2015.

Model G6 dan V30 belum resmi diluncurkan di China padahal sudah beredar secara global sejak tahun lalu.

Informasi yang beredar sebelumnya mengungkapkan, Samsung tak akan lagi menjadi satu-satunya pemadok layar OLED yang digunakan Apple pada iPhone X. Raksasa teknologi itu dilaporkan tengah merampungkan kesepakatan dengan LG terkait pasokan OLED untuk iPhone di tahun 2018.

Dilaporkan Apple Insider, LG kemungkinan akan mengirimkan jumlah panel yang relatif kecil sekira 15-16 juta, pada paruh kedua tahun 2018.

Apple disebut telah menggelontorkan USD2,7 miliar ke LG sebagai DP untuk panel OLED. Saat itu diperkirakan pesanan OLED tersebut ditujukan untuk perangkat yang didistribusikan pada 2019.

Di tahun 2018 sendiri diperkirakan Apple akan merilis iPhone yang serupa dengan iPhone X dalam beberapa versi, termasuk iPhone X berembel-embel Plus. Beberapa ponsel itu kemungkinan akan memiliki layar berukuran 5,8 inci dan 6 inci disertai teknologi OLED.

LG Display akan menyuplai panel OLED berukuran 6,5 inci. Sementara itu, menurut MacRumors Samsung juga masih akan memasok OLED berukuran 5,8 atau 6 inci untuk iPhone Apple.

Sebelumnya LG juga telah menjadi mitra Apple untuk memasok layar LCD pada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Sementara Samsung mendominasi pasokan panel OLED pada iPhone X.

Comments
To Top